Sukses

Beauty

5 Tanda Anda Ketagihan Belanja di Online Shop

Di jaman sekarang yang mau belanja baju bisa tinggal pencet handphone, tanpa disadari mulai membuat kita jadi lebih sering dan ketagihan belanja di Online Shop. Bagaimana tidak? Cara ini lebih mudah dan nyaman, terutama bagi mereka yang merasa kurang nyaman belanja di toko yang pramuniaganya kurang ramah.

Namun, ada kalanya kegemaran belanja di online shop menjadi masalah bagi Anda. Pasalnya, belanja online yang mudah membuat kita jadi lebih mudah mengeluarkan uang. Lain halnya kalau kita mau membeli langsung ke toko. Harus pergi ke tokonya dan mungkin mengambil uang tunai lebih dulu dan masih pikir-pikir untuk belanja banyak karena akan kerepotan membawanya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda Anda ketagihan belanja di online shop. Sebenarnya tak terlalu membahayakan, namun at least, hal ini bisa membantu Anda saat kehilangan kontrol dengan 'insting sale dan diskon' yang Anda miliki.

 

(vem/gil)

Lebih Dari 1 Pembelian Pribadi Tiap Bulan

Salah satu tanda Anda mulai ketagihan adalah ketika pembelian itu sifatnya pribadi. Alias, Anda hanya membeli untuk diri Anda sendiri. Yang kedua adalah ketika pembelian itu lebih dari sekali dalam sebulan.

Dan yang cukup membahayakan adalah ketika Anda melakukan hal ini setiap bulan. Tak ada salahnya lebih banyak keluar rumah dan mencari langsung barang yang Anda butuhkan di toko-toko terdekat. Selain hemat di ongkir, Anda juga jadi lebih tahu bahwa ternyata Anda tak harus membeli barang tersebut secara online bila Anda membutuhkannya.

Sering Kehabisan Tabungan

Gejala kedua adalah Anda mulai membeli di luar kemampuan Anda. Salah satunya adalah bagaimana tabungan Anda sering kembang kempis karena hampir semua pengeluaran tersebut digunakan untuk belanja online.

That's your money, dan Anda berhak menggunakannya sesuka Anda. Namun bila Anda bisa saving untuk beberapa hal lain seperti kuliner, hobi atau bahkan investasi, sepertinya akan lebih baik daripada habis karena perilaku konsumtif yang bisa diminimalisir.

Akun FB dan Email Penuh Iklan Toko

Shopaholic detected ketika Anda melihat akun FB Anda penuh dengan iklan online shop dan berbagai toko atau bahkan sale. Anda bahkan tak bisa menemukan update info dari teman-teman Anda.

Anda mungkin pernah melihat shopper online yang memisah akun pribadinya dengan akun khusus belanja. Setidaknya cara ini bisa membuat kemungkinan lapar mata akan lebih kecil dari yang seharusnya. Tak ada akun toko OLS di akun pribadi Anda dan Anda hanya akan membuka akun belanja ketika Anda ingin saja.

Lupa Cara Menawar (Dan Kebiasaan Beli Langsung)

Kadang terlalu sering membeli secara online bisa membuat ketajaman insting tawar menawar atau jeli dalam membeli, berkurang. Saat kita membeli langsung, kita bisa melihat, menyentuh, mencium aroma dan merasakan kualitas suatu barang.

Bila Anda mulai merasa kemampuan ini berkurang, cobalah untuk lebih banyak belanja di tempat daripada belanja online. Dengan cara ini Anda bisa kembali mengasah kemampuan untuk menawar atau membeli dengan cermat. Lebih hemat juga kan?

Lebih Banyak Box Paket Daripada Kantong Shopping

Sebelum Anda sering belanja di online shop, mungkin Anda sering melihat kantong shopping dari supermarket dan mall favorit Anda. Namun biasanya karena sudah terlalu sering beli online, Anda akan lebih banyak mengoleksi box paketan atau resi pengiriman.

Tak ada yang istimewa dari gejala ini, hanya saja Anda bisa melihat sudah berapa kali kebutuhan yang biasanya bisa dipenuhi oleh pasar atau mall terdekat, tergantikan oleh online shop langganan Anda.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading