Sukses

Beauty

Bahan-Bahan Ini Berbahaya Kalau Terkena Kulit

Tidak ada produk skincare yang benar-benar aman sekalipun berlabel natural. Kulit wanita itu unik, dan terkadang sensitif terhadap sebagian bahan aktif yang terkandung di dalam produk skincare.

Agar Anda bisa lebih berhati-hati, ketahui beberapa bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi, iritasi, dan mungkin penyakit atau kerusakan kulit.

Benzoyl peroxide

Banyak produk skincare yang mengandung bahan ini, khususnya produk yang menyembuhkan jerawat. Tetapi Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan produk yang satu ini. Susan Jeske, seorang ahli kulit, seperti dikutip dari allwomenstalk mengatakan bahwa Benzoyl peroxide mengandung zat karsinogen yang tak hanya dapat menyebabkan kulit keracunan, atau mengalami kerusakan sel, tetapi juga dapat memicu kanker kulit.

Triclosan

Mengapa Anda tak sebaiknya menggunakan produk berbahan triclosan untuk kulit? Yeap, triclosan ternyata berhubungan erat dengan beberapa kerugian seperti melemahkan sistem immune tubuh, pertumbuhan abnormal, serta cacat pada janin.

Terdengar seperti bahan yang familiar, triclosan memang biasa dipakai dalam produk antibakteri, pasta gigi dan bahkan juga makeup. Triclosan mungkin dapat membasmi bakteri, tetapi di satu sisi, ia juga menimbulkan kerugian bagi Anda.

Zinc

Mendengar kata zinc, Anda mungkin berpikir bahwa itu adalah mineral baik yang sering ditemukan pada makanan. Mineral ini dikembangkan menjadi zinc oxide yang digunakan untuk bahan skin care dan tabir surya oleh para peneliti. Namun sayangnya Universitas kedokteran Missouri menemukan fakta bahwa partikel nano zinc oxide ini dapat menyebabkan kanker kulit dan menutup pori-pori.

EPA

Seringkali ditemukan pada parfum, EPA adalah bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kegagalan pernafasan, penyakit ginjal serta mempengaruhi sel syaraf.

Petroleum

Tidak sedikit lho skincare yang menggunakan bahan ini di dalam produknya. Misalnya saja produk perawatan rambut, makeup, pasta gigi, dan bahkan dalam sebagian besar baju Anda. Kandungan petroleum ini berbahaya karena dapat menyebabkan pori-pori tertutup, memicu munculnya jerawat hingga kanker kulit.

Acetone

Bahan berbahaya yang terkandung di dalam acetone adalah tingginya resiko merusak liver, kulit, serta saluran pernafasan. Disarankan untuk Anda yang gemar memulas kuku lebih baik menggunakan produk non acetone.

Klorin

Bahan ini biasanya digunakan untuk membersihkan dan menjernihkan kolam serta membuat air kolam tetap dingin. Klorin dapat memicu alergi, diabetes, tekanan darah tinggi, asma dan banyak penyakit lain yang dapat membahayakan tubuh.

Mencegah reaksi negatif klorin, disarankan agar Anda mandi setiap habis berenang dan memastikan seluruh tubuh Anda bersih.

Karena bahan-bahan tersebut ada di sekitar Anda dan mungkin terkandung pada produk-produk yang Anda gunakan, lebih berhati-hati ya ladies saat menggunakan produk tersebut. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mengganti dengan produk yang punya bahan lebih aman.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading