Sukses

Beauty

Cara Menyisir Yang Bikin Rambut Rusak

Menyisir rambut adalah kegiatan sepele tapi penting yang dilakukan wanita setiap hari. Saat bangun tidur, menyisir rambut, setelah mandi, menyisir rambut, akan pergi menyisir rambut dan bahkan sesampainya di lokasi tujuan, rambut kembali disisir lagi.

Kalau dihitung-hitung, banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan hal sepele ini.

Tetapi walaupun sepele, ternyata menyisir rambut ini dapat mempengaruhi penampilan rambut. Salah menyisir, bisa-bisa rambut Anda malah rusak lho, ladies.

Berikut adalah beberapa cara menyisir rambut yang malah bikin rambut jadi rusak:

Menyisir ketika basah

Kebiasaan buruk wanita adalah menyisir rambut saat rambut masih dalam kondisi basah. Apalagi bila sisir yang digunakan adalah sisir yang bergigi rapat, tentu saja rambut akan ditarik kuat-kuat, mengalami gesekan serta mudah patah.

Anda bisa melihat kan betapa banyak rambut yang malah rontok ketika disisir dalam kondisi basah. Oleh sebab itu, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

Menyisir rambut dari akar ke ujung

Padahal Anda sering sekali menyisir rambut langsung dari akar ke ujung, apa ya yang salah?

Cara ini ternyata membuat rambut ditarik dari akar dan mudah menyakitinya. Menyisir rambut yang benar adalah mengawalinya beberapa inci dari akar rambut.

Terlalu sering menyisir

Ada lho wanita yang terlalu khawatir akan kondisi rambutnya, sehingga sering sekali menyisir rambut. Padahal, menyisir rambut akan membuat rambut tertarik dari akarnya dan malah rontok.

Sebaiknya memang menyisir rambut itu tidak dilakukan terlalu sering. Anda bisa kok menyisirnya dengan jemari saja untuk meyakinkan diri kalau rambut sudah rapi.

Salah memilih sisir

Sisir diciptakan berbagai macam bentuknya karena memang fungsinya berbeda-beda. Untuk itu, sebaiknya memang Anda memiliki banyak bentuk sisir. Pemakaiannya disesuaikan dengan fungsi sehingga akan menjaga kondisi kesehatan rambut.

Memakai sisir kotor

Setidaknya seminggu sekali, sisir harus dicuci bersih saat akan dipakai. Sisir yang kotor hanya akan memindahkan kotoran dan bakteri ke kulit kepala, yang artinya perlahan kotoran akan menumpuk di sana dan menyumbat pori-pori.

Sisir yang dipakai 100% plastik

Ternyata memakai sisir yang 100% bahannya terbuat dari plastik juga kurang baik lho. Listrik statis yang dihasilkan saat menyisir akan membuat rambut jadi kurang halus dan akhirnya menimbulkan luka pada batang-batang rambut yang tidak bisa Anda lihat.

Terlalu kasar

Apa yang Anda lakukan ketika rambut kusut? Memaksa dan menariknya dengan sisir?

Tanpa disadari, apa yang Anda lakukan ini telah menyakiti rambut dan membuat rambut jadi semakin rusak lho. Seharusnya rambut diperlakukan lembut dan tidak banyak gesekan-gesekan. Untuk itulah, Anda juga harus memilih handuk yang nyaman dan menyerap air dengan baik.

 (vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading