Sukses

Beauty

7 Tanaman Alami Yang Bisa Menghilangkan Bau Badan

Bau badan adalah problema yang harus segera diatasi. Selain tak nyaman bagi orang lain, juga kurang bermanfaat bagi Anda sendiri.

Bau badan terjadi karena aktivitas berlebih atau memang tubuh kita punya bakat alami untuk mengeluarkan bau yang kurang sedap. Menggunakan deodoran memang bisa jadi alternatif menangkal bau badan. Namun kalau Anda ingin cara yang lebih alami, ada kok resepnya.

Namun ada beberapa cara alami untuk mengatasi bau badan. Di antaranya dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang disediakan oleh alam. Bila Anda memiliki masalah dengan bau badan, coba gunakan ramuan dari tanaman berikut ini.

(vem/gil)

Jahe

Jahe adalah salah stau tanaman yang memberikan khasiat membersihkan dan menyehatkan tubuh. Orang India yang mengonsumsi jahe percaya bahwa tanaman ini mengurangi potensi bau badan.

Jahe juga dipercaya bisa mendekatkan kita pada ketenangan batin dan mengurangi kecemasan, sehingga bau badan, jauh-jauh deh. Konsumsi jahe sebagai minuman wedang hangat. Selain bikin rileks, juga bisa membantu mencegah bau badan.

Temulawak

Temulawak atau curcuma, bukan hanya bisa digunakan untuk menambah nafsu makan anak-anak. Tanaman yang mirip kunyit ini mengandung minyak atsiri dan berbagai bahan yang bisa menetralkan racun serta anti bakteri.

Ada dua cara menggunakan temulawak. Salah satunya adalah menggunakan sari temulawak yang dicampur dengan madu. Yang kedua adalah menggunakan temulawak untuk scrub mandi.

Jeruk Nipis

Anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi bau badan. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang juga bagus untuk mencerahkan kulit ketiak.

Caranya, gunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur kapur sirih. Balurkan pada ketiak sebentar. Jangan menggunakan produk apapun untuk mencegah kulit jadi sensitif karena jeruk bersifat asam.

Ketimun

Ketimun adalah salah satu jenis tanaman yang bisa memberikan efek segar pada kulit. Selain itu, ketimun juga membantu melawan bakteri yang ada di kulit.

Cara pakainya adalah dengan menggunakan scrub dari ketimun yang dihancurkan pada kulit ketiak. Lakukan secara rutin di akhir pekan.

Daun Kemangi

Daun kemangi tak hanya membantu saat mencuci tangan saja, namun juga bisa membantu mengatasi bau badan. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bau badan dengan kemangi.

Yang pertama dengan menggunakannya sebagai lalapan. Yang kedua adalah dengan membuat pasta kemangi. Daun kemangi ditumbuk dan beri sedikit air. Gunakan pada area tubuh seperti ketiak dan lipatan kulit atau leher.

Daun Sirih

Selain kemangi, sirih juga bisa digunakan sebagai antiseptik. Selain itu juga bagus bagi mereka yang ingin menghilangkan bau badan di miss V.

Rendam daun sirih dalam air panas, kemudian dinginkan airnya secara alami. Setelah itu Anda bisa meminumnya. Tumbukan daun sirih dan kapur sirih juga bisa digunakan untuk area ketiak.

Jeruk Purut

Jeruk purut mirip dengan jeruk nipis. Namun kali ini kita tak menggunakan air jeruk purutnya. Melainkan sari kulitnya.

Sari kulit jeruk purut dihaluskan dengan kencur dan air, bisa digunakan sebagai minuman yang membantu mengurangi bau badan. Mau mencoba?

PLAYLIST VIDEO 5 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Produk Fashion Bertema Budaya Betawi Makin Laris Saat Pandemi
Artikel Selanjutnya
Ramai Pertanyaan Jakarta Lockdown? Pemerintah Terapkan Pembatasan Mobilitas di 10 Ruas Jalan Ibu Kota