Sukses

Beauty

Benarkah Pakai Korset Itu Bahaya Bagi Wanita?

Memakai korset setelah melahirkan sudah menjadi kebiasaan di negara-negara di Asia. Katanya sih supaya perut lekas kembali singset dan langsing. Tetapi apakah ia aman untuk kesehatan?

Tak sedikit wanita yang memakai korset setelah melahirkan, dengan harapan bisa lekas langsing. Dipakai setiap hari siang dan malam, memang terbukti bahwa perut tidak meluber dan dengan mengatur makanan serta pergerakan tubuh, berat badan serta bentuk tubuh Anda bisa kembali seperti semula selama beberapa waktu.

Bahkan, saat ini ada beragam korset yang ditawarkan. Berbeda-beda manfaatnya, ada yang kabarnya bisa membantu mengatasi stretchmark, ada yang mengatasi lemak di perut, dan lain sebagainya. Namun Anda harus mencermati apa kata para ahli soal pemakaian korset ini.

Seperti dilansir DailyMail.co.uk, Nicky Croft, seorang ahli fisioterapi dari APPI Clinic di Hampstead, London Utara, menjelaskan bahwa setelah melahirkan, uteris masih membesar dan demikian juga dengan beberapa sisi di dalam abdominal yang melebar karena menjadi tempat bernaung si janin sebelum dilahirkan. Namun, tak perlu khawatir, karena sebenarnya semuanya bisa kembali ke ukuran semula, pun demikian memang membutuhkan waktu yak tidak singkat. Dengan memberi ASI, mengatur pola makan yang bergizi, berolahraga, ukuran tubuh termasuk ukuran perut bisa segera kembali singset.

Sayangnya, wanita jaman sekarang inginnya apa-apa serba instant. Kembali langsing setelah melahirkan, juga inginnya instant, dan kalau perlu tidak pakai berolahraga. Padahal, perut yang setiap hari dibungkus dengan menggunakan korset akan terpengaruhi metabolismenya. Bila terlalu ketat, bagian rahim bawah akan tertekan dan mempengaruhi organ pembuangan.

Selain itu, memberikan tekanan yang besar pada perut akan membuat otot di tulang belakang juga lelah dan ngilu. Ia akan lebih sering terasa pegal serta malas karena tidak dilatih.

Lantas, bagaimana cara mengatasi belly fat setelah melahirkan?

Disarankan agar ibu-ibu pasca melahirkan tetap bersabar, memilih nutrisi dengan cermat dan berolahraga rutin. Tidak harus pergi ke gym kok, Anda bisa setidaknya berjalan-jalan berkeliling blok rumah atau jogging.

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading