Sukses

Beauty

Makanan Ini Mengandung Lemak Sehat, Jangan Takut Mengonsumsinya

Lemak tidak selalu menjadi yang harus dihindari. Ada dua jenis lemak yang ada di dalam aneka makanan, ada lemak baik dan ada lemak jahat.

Apabila Anda mendambakan menu makanan yang tetap enak dan lezat namun takut kandungan lemaknya bisa berbahaya, coba amati menu di piring Anda. Para ahli mengatakan bahwa setidaknya sampai 35% makanan Anda mengandung kalori harian yang berasal dari lemak baik. Inilah sebabnya Anda harus disiplin memilih makanan tersebut.

Seperti dilansir WomansDay.com, ada tiga jenis makanan berlemak yang sebenarnya baik bagi kesehatan Anda.

Lemak tak jenuh tunggal

Lemak jenis ini sebenarnya adalah lemak LDL, jenis lemak jahat namun bahayanya rendah. Kehadiran mereka menguntungkan karena meningkatkan kandungan HDL.

Sumber makanan:

Alpukat, zaitun, almond, hazelnut, minyak tertentu (zaitun dan canol ).

Asam Lemak Omega-6

Adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang membantu mengontrol total dan kolesterol LDL.

Sumber makanan:

Biji bunga matahari, biji labu, walnut dan minyak yang terbuat dari jagung atau kedelai.

Asam Lemak Omega-3

Selain melindungi jantung dari irama yang tidak teratur, jenis lemak yang satu ini membersihkan lemak berbahaya yang dikenal sebagai trigliserida di dalam darah. Ia juga mencegah pembentukan plak pada arteri.

Sumber makanan:

Ikan berminyak seperti ikan haring, salmon, sarden, trout, tuna, atau juga bisa ditemukan pada kenari, minyak canola dan lain sebagainya.

Makanan yang perlu diwaspadai:

Jenis makanan berlemak yang perlu Anda waspadai adalah jenis makanan yang mengandung lemak trans. Makanan ini dapat meningkatkan kolesterol total dan LDL serta menurunkan HDL. Saat ini, mereka banyak terkandung pada aneka makanan kemasan atau di dalam margarin, shortening, makanan panggang yang dibekukan, donat, makanan cepat saji, kentang goreng, dan lain sebagainya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading