Sukses

Beauty

Benarkah Mengkonsumsi Kafein Dapat Menyebabkan Penyakit Darah Tinggi?

Bagi yang sudah terbiasa dengan kafein, akan sangat susah untuk melewatkan sehari saja tanpa kafein. Bahkan beberapa di antaranya menjadikan kafein sebuah hal yang wajib ada setiap harinya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa di balik kenikmatan kafein ternyata membawa dampak buruk terhadap kesehatan Anda.

Salah satu efek dari nikmatnya kafein terhadap kesehatan Anda yaitu dapat menyebabkan darah tinggi atau hipertensi. Hal itu dikarenakan kafein dapat memblok hormon yang berperan dalam menjaga arteri agar tetap melebar, sehingga membuat kelenjar adrenal memproduksi lebih banyak dan menekan dinding pembuluh darah. Sebagai akibatnya tekanan darah Anda menaik.

Sementara itu, tubuh Anda membutuhkan arteri yang kuat, elastis, dan fleksibel agar darah dapat mengalir dengan mudah. Kebutuhan tubuh akan oksigen dan nutrisi jaringan tubuh yang lainnya merupakan penunjang untuk mencegah hipertensi. Terutama bagi Anda yang obesitas.

Ketika Anda terserang yang namanya hipertensi, beberapa penyakit kronis lainnya mudah saja datang mengikuti. Misalnya saja penyakit jantung, kanker otak, gagal ginjal, gangguan pada mata, dan organ vital lainnya. Bahkan tulang yang disebabkan adanya kerusakan dan penyempitan arteri yaitu arteri menjadi keras, kaku dan memblok aliran darah.

Nah, maka dari itu Ladies, sebelum Anda terserang penyakit hipertensi ada banyak cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan mulai menerapkan pola hidup sehat. Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan bergizi, kurangi kafein, rokok, dan alkohol serta rutin berolahraga.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading