Sukses

Beauty

Masalah Gigi Tak Bisa Teratasi? Ini Dia Jawaban Sang Ahli

Sakit gigi memang bukanlah penyakit kronis seperti penyakit organ tubuh lainnya. Tapi, bagi pernah yang mengalaminya, Anda pasti setuju kalau rasa sakitnya sangat luar biasa. Bahkan beberapa di antaranya ada yang menangis kesakitan.

Terkait dengan masalah gigi tersebut, kami telah melakukan sesi Q&A #AskVemale melalui akun Twitter @VemaleDotcom pada hari Rabu,  5 Maret 2014 dengan drg. Irene Pratami Angriawan, dokter ahli dari @meetdoctorcom dengan akun Twitter @drgIrenePratami. Yuk, simak dengan baik penjelasan dari dokter mengenai kesehatan gigi tersebut.

@Michelle8Brenda: Gigi berlubang sampai hitam berbahaya nggak dok? #AskVemale

Jawaban dokter : Gigi berlubang terlihat hitam karena proses demineralisasi yang terjadi akibat aktivitas bakteri dalam rongga mulut. Gigi berlubang jika dibiarkan akan mengakibatkan rasa sakit karena mencapai pulpa gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf. Jika dibiarkan lagi hingga gigi menjadi mati, di kemudian hari bisa terjadi infeksi di daerah akar gigi.

@dyandayas: Gigi berlubang apa bisa dicegah, caranya? #AskVemale

Jawaban dokter : Gigi berlubang dapat dicegah dengan sikat gigi teratur pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, menghindari cemilan manis dan asam di antara waktu makan, minum air putih 8 gelas sehari, dan memeriksakan gigi minimal 2x setahun (per 6 bulan) ke dokter gigi.

@SLWPopCake: Biar gigi bisa lebih putih,harus konsumsi apa ya? #AskVemale

Jawaban dokter : Untuk menjaga kecerahan warna gigi terutama dapat menghindari konsumsi teh dan kopi, serta hindari merokok.

@Tina_0429: Waktu SD sering minum antibiotik, gigi jadi kuning. Memutihkannya gimana ya? #AskVemale

Jawaban dokter : Supaya warna gigi terlihat lebih cerah dapat dilakukan scalling (pembersihan karang dan noda pada gigi) di dokter gigi. Apabila scalling tidak membantu, pemutihan gigi dapat dilakukan dengan perawatan bleaching gigi.

@Tina_0429  : 2 gigi seri agak menjorok ke dalam, cara lain merapikannya selain behel apa ya? Usia 20tahunan #AskVemale

Jawaban dokter : Apabila yang ingin diubah hanya 2 gigi seri tersebut, dapat digunakan alat lepasan atau alat yang dipasang khusus hanya untuk gigi depan tersebut.

@IndiraBakti : Kalau makan yang keras-keras gigi suka ikutan patah, apa karena kurang kalsium? Solusinya? #AskVemale

Jawaban dokter : Apabila tekanan yang diperoleh gigi melebihi kekuatan gigi tersebut, gigi dapat mengalami fraktur (patah). Kualitas kekuatan gigi ditentukan sejak tumbuh kembang sebelum gigi tersebut tumbuh (erupsi) ke rongga mulut. Solusinya, hindari tekanan yang terlalu besar pada gigi.

@adellynda : Umur 19 tahun apa masih bisa tumbuh gigi? #AskVemale

Jawaban dokter : Apabila masih ada gigi yang ada benihnya tetapi belum tumbuh (erupsi) ke rongga mulut, masih ada kemungkinan gigi tersebut muncul ke rongga mulut apabila tersedia ruangan yang cukup. Terutama gigi bungsu (wisdom tooth) memang normalnya pada usia di atas 18 tahun akan berusaha tumbuh (erupsi) ke rongga mulut.

Nah Ladies, jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar kesehatan, jangan lewatkan sesi tanya jawab #AskVemale yang diadakan setiap hari Rabu dan akan dijawab langsung oleh dokter ahli dari @meetdoctorcom. Caranya mudah. Cukup follow akun Twitter kami @VemaleDotcom dan mention dengan hashtag #AskVemale untuk berpartisipasi.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading