Sukses

Beauty

Operasi Kanker Payudara Tanpa Mengubah Bentuk Alaminya

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit wanita yang membutuhkan penanganan serius seperti operasi. Akan tetapi, setelah menjalani operasi biasanya bentuknya ada yang berubah yang katanya juga berpengaruh terhadap keintiman. Sementara penderita kanker ingin payudara yang dimilikinya tetap alami seperti bentuk semula dan membuat dokter dilema saat memutuskan untuk melakukan jalan operasi.

Terkait dengan problema tersebut, para dokter mengembangkan teknik operasi payudara untuk menyempurnakan operasi konservasi payudara atau yang dikenal dengan istilah BCS (Breast Corserving Surgery) melalui operasi konservasi payudara oncoplastic atau OBCS (Oncoplastic Breast Conserving Surgery). OBCS diyakini dapat menghilangkan sel kanker tanpa menghapus jaringan payudara yang masih sehat untuk mendapatkan bentuk payudara normal. Karena letak kanker yang berada di relung payudara, pembersihan kanker yang memadai tidak dapat dicapai tanpa menghapus lebih dari 20% dari jaringan payudara. Akan tetapi, jalan tersebut sangat bermanfaat bagi penderita yang memiliki ukuran payudara besar.

OBCS tidak hanya mengambil sel kanker, namun juga membentuk kembali dan mengatur ulang sisa jaringan payudara setelah operasi untuk menciptakan pendistribusian kembali jaringan payudara. Payudara setelah menjalani operasi OBCS lebih kecil namun tidak mengubah bentuk dan penampilan alaminya. Bahkan sebagian besar tidak menghabiskan lebih dari satu malam di rumah sakit dan sebagian besar bekas luka dapat tersembunyi dengan baik di daerah sekitar puting atau di lipatan payudara seperti yang diterangkan oleh Dr Chuwa di Gleneagles Hospital Singapore tersebut.

Sementara bagi penderita yang memiliki payudara kecil, teknik OBCS bisa dilakukan dengan mengambil sedikit jaringan tubuh lainnya yang lunak untuk menggantikan sebagian payudara yang hilang setelah pembedahan sel kanker dilakukan, tanpa perlu mengubah jaringan payudara yang masih sehat maupun melakukan operasi lanjutan untuk mempertahankan payudara dalam bentuk simetris.

Kelebihan lain dari OBCS ini yakni aman dilakukan dan tidak menghasilkan tingkat kekambuhan sel kanker yang tinggi. Di samping itu, hasil pembedahan memuaskan pasien sebab tidak mengubah bentuk alami payudara serta waktu prosedurnya tidak memerlukan waktu yang lama. Yang paling penting nih, teknik OBCS tidak hanya mengobati kanker, tetapi juga membantu untuk melestarikan salah satu aspek yang paling penting dari anatomi wanita dan juga harga dirinya.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading