Sukses

Beauty

Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan Pedas, Berbahayakah?

Beberapa dari Anda pastinya tidak bisa jauh dari yang namanya makanan pedas. Ya, meskipun setelah makan lidah dan perut Anda merasa pedas dan panas, Anda juga tidak akan kapok mengulanginya lagi. Apalagi, akhir-akhir ini sangat banyak sekali makanan yang super pedas seperti mie setan, ceker pedas, kripik setan dan semacamnya dengan berbagai level rasa pedas. Akan tetapi Ladies, tidak sedikit juga dari Anda yang menyadari bahaya yang ditimbulkan nantinya. Lantas, apa saja nih risiko dari suka makanan pedas?

Terkait dengan pertanyaan di atas, kami sudah mendapatkan jawabannya langsung dari dr. Monica Tan, dokter ahli dari MeetDoctor.com. dr. Monica Tan tidak hanya menerangkan efek negatif dari makanan pedas, namun juga ada manfaatnya juga dari cabai. 

Efek dari mengonsumsi makanan pedasBerdasarkan jurnal yang sudah dibaca, pada dasarnya makanan pedas tidak memiliki efek untuk jangka pendek. Terkecuali makanan yang Anda konsumsi itu pedas sekali yang bisa dan biasa menyebabkan diare. Sedangkan jika terlalu sering mengonsumsi makanan pedas akan berakibat buruk pada lapisan yang berfungsi melindungi lambung Anda. Sehingga lambung akan mudah menjadi iritasi. Memang sih, makanan pedas tidak berakibat sakit lambung. Akan tetapi mengonsumsi makanan pedas dapat memperparah kondisi yang memiliki riwayat penyakit lambung.

Makanan pedas bukan penyebab kanker usus atau lambung. Sementara itu, zat aktif capsaicin yang ada dalam cabai sangat baik untuk mengobati penyakit-penyakit kronis. Salah satunya yakni penyakit kanker. Meskipun belum ada penelitian secara pasti, mengonsumsi makanan pedas dapat mencegah penyakit kanker dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Batasan mengonsumsi makanan pedas. Bagi Anda pecinta makanan pedas memang akan sangat sulit jika melewatkan sehari tanpa makanan pedas. Sebenarnya tidak ada batasan seberapa banyak Anda bisa makan makanan pedas. Selama anda menyukai cabai atau makanan pedas, anda bisa mengkonsumsi dalam tahap yang masih wajar. Sebab, cabai juga mengandung vitamin yang baik dan dibutuhkan tubuh.

Ladies, meskipun mengonsumsi makanan pedas tidak menimbulkan penyakit kronis, Anda juga harus ingat. Mengonsumsi makanan pedas jangan sampai berlebihan.

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading