Sukses

Beauty

Ini Dia 12 Alasan Mengapa Anda Absen Haid

Masa menstruasi biasanya terjadi pada usia antara 12 hingga 15 tahun. Namun ada yang mengalaminya sebelum usia12 tahun dan ada juga yang mengalami menstruasi melebihi usia 15 tahun. Darah menstruasi biasanya keluar dalam waktu 2 hingga 7 hari atau bahkan lebih. Begitu juga dengan masa menstruasi ada yang lancar dan tidak sedikit juga yang mengalami keterlambatan. Nah Ladies, ketahui penyebabnya yuk!

Bagi Anda yang tidak terbiasa telat menstruasi pasti kaget saat mengalaminya. Apalagi jika terlambat melebihi batas waktu wajar, 7 hari. Menurut lansiran dari MeetDoctor.com, terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang baru dimulai di usia puber memang belum teratur pada tahun-tahun pertama. Hal ini disebabkan oleh perlunya proses hormon pengontrol menstruasi untuk mencapai keseimbangan. 

Sedangkan usia yang mendekati masa menopause juga berpengaruh terhadap lancar tidaknya siklus menstruasi Anda. Biasanya hal tersebut terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Selain masa puber dan masa menopause, alasan lain haid tidak datang tentunya adalah karena kehamilan. 

Selain faktor pubertas dan kehamilan, ada juga 12 yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Ke-12 tersebut antara lain:

  1. Adanya penurunan bobot tubuh atau kenaikan bobot tubuh secara drastis. 
  2. Gangguan pola makan seperti anoreksia dan bulimia.
  3. Adanya latihan fisik yang berlebihan.
  4. Stres secara emosional.
  5. Adanya penyakit tertentu.
  6. Adanya perjalanan jauh ke tempat yang berbeda dari lingkungan biasanya.
  7. Anda mengonsumsi obat-obatan seperti pil kb.
  8. Gangguan pada keseimbangan hormon.
  9. Penggunaan narkoba.
  10. Masalah dengan organ pelvis seperti selaput dara yang tertutup, kista dan sindrom Asherman.
  11. Masih dalam kondisi menyusui.
  12. Penyakit seperti gangguan pada usus, TBC, penyakit liver, dan diabetes.

Jika Anda mengalami keterlambatan menstruasi, cobalah untuk untuk berpikir rileks dan jangan membebani pikiran Anda. Namun, jika keterlambatan melebihi batas waktu wajar, Anda harus memeriksanya ke dokter. Yang terpenting nih Ladies, terapkan gaya hidup sehat mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta olahraga teratur.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading