Sukses

Beauty

Wajib Baca: Cara Mengurangi Nyeri Saat Menstruasi

Mengalami rasa sakit dan nyeri saat menstruasi itu sudah biasa. Namun, banyak sekali dari Anda yang mengalami rasa nyeri dengan rasa sakit yang tertahankan. Maka dari itu Ladies, yuk simak cara mengurangi rasa nyeri saat menstruasi di bawah ini.

Berdasarkan penjelasan dari MeetDoctor.com, rasa nyeri yang muncul saat menstruasi disebut dengan dysmenorrhea. Prostaglandin yang keluar saat menstruasi dan melampaui kemampuan Anda yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Anda dapat mengatasi dan mengurangi rasa nyeri tersebut dengan cara berikut:

 

Non Obat

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, ada kalanya Anda mencoba yang non-obat yang lebih aman. Salah satunya dengan olahraga yang mampu mengurangi rasa nyeri. Olahraga mampu melancarkan peredaran darah ke organ rahim sehingga gangguan aliran darah yang disebabkan prostaglandin dapat dikurangi. Selain olahraga, istirahat yang cukup juga penting guna menjaga aliran darah Anda.

Menggunakan Obat

Beberapa wanita kadang memilih untuk mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul. Pemberian obat penekan rasa nyeri golongan NSIOs (seperti Ibuprofen, Aspirin, Paracetamol, Asam Mefenamat, dll) dirasa cukup untuk mengatasi Dysmenorrhea. Mengonsumsi 2-3 tablet tersebut dalam sehari masih dikatakan dalam dosis yang wajar.

Namun, ada juga yang mengombinasikan obat dengan pil kontrasepsi. Hal tersebut dapat dipertimbangkan sejauh telah melakukan konsultasi dengan dokter. Tetapi jika Anda memiliki masalah dengan lambung, alergi terhadap salah satu golongan NSIDs, dan BAB (Buang Air Besar) kehitaman setelah mengonsumsi NSIDs. Sangat disarankan agar Anda menghentikan penggunaan obat yang Anda konsumsi.

Bagaimana Ladies? Jadi Anda tidak perlu cemas lagi akan rasa nyeri yang timbul saat menstruasi. Coba saja atasi dengan cara di atas.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading