Sukses

Beauty

Vitamin Ini Bermanfaat Untuk Menguatkan Kuku

Apakah Anda memiliki kuku yang sangat rapuh dan mudah patah?

Itu tandanya Anda kekurangan protein. Seperti dikatakan oleh Mayo Clinic, kuku terbuat dari protein, kekurangan nutrisi dapat menyebabkan kuku rapuh dan mudah patah. Vitamin dapat membantu memperkuat kuku dan memberikan nutrisi yang hilang. Berikut adalah beberapa vitamin yang bermanfaat untuk menguatkan kuku seperti dilansir Livestrong.com.

Vitamin H

Vitamin H atau disebut juga biotin sebenarnya adalah bagian dari vitamin B kompleks. Tubuh tidak dapat menyimpannya, namun dapat diproduksi oleh bakteri yang hidup di dalam usus. Menurut Universitas Maryland, kekurangan biotin ini jarang terjadi, namun apabila penyerapan gizi terganggu maka menyebabkan kuku jadi sangat rapuh dan mudah patah.

Untuk itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan akan biotin, setidaknya 30 mcg setiap hari.

Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk tubuh yang tidak dapat diproduksi dan hanya bisa diperoleh lewat asupan makanan. Vitamin ini dibutuhkan tubuh sebagai substansi untuk membentuk kolagen. Kolagen inilah yang akan digunakan untuk membuat kuku.

Tanpa vitamin C yang cukup, Anda akan mengalami gejala kuku kering, tipis, rapuh dan mudah patah.

Zat besi

Zat besi juga merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel-sel di dalam tubuh. Setengah zat besi ditemukan di dalam darah yang melekat pada molekul oksigen untuk dibawa melalui sistem vaskuler.

Kekurangan zat besi dapat terjadi sebagai akibat dari gangguan penyerapan nutrisi, penyakit, kekurangan gizi atau penggunaan obat-obatan. Menurut National Institutes of Health, gejala kekurangan zat besi , juga dikenal sebagai anemia, termasuk kelelahan dan kekebalan terganggu.

Kekurangan zat besi ini juga dapat menyebabkan kerapuhan kuku, dan kuku terdapat cekungan-cekungan kecil.

Zinc

Zinc, sebuah mineral penting bagi sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan indera perasa dan penciuman. The National Institute of Health menjelaskan bahwa kekurangan zinc dapat terjadi pada pelaku vegetarian, ibu hamil. bayi atau pecandu alkohol.

Kekurangan zinc dapat mengganggu berbagai hal di dalam tubuh, termasuk merusak kuku.

Disarankan agar Anda mengonsumsi suplemen zinc namun tidak perlu terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut dan diare. Disarankan mengonsumsi zinc hanya 11 8 mg - 11 mg saja per hari.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading