Sukses

Beauty

Hati-Hati, Kenali 5 Gejala Batu Empedu Ini

Jika banyak penyakit lain yang sudah sering dibahas, maka penyakit yang satu ini mungkin kurang banyak mendapat perhatian, yaitu batu empedu. Organ tubuh berupa kantung empedu yang berada di organ hati ini memang jarang diperhatikan karena jarang sakit, namun jika sudah sakit, maka bisa berbahaya untuk kesehatan.

Peran kantung empedu sendiri sangat penting karena kantong empedu melepaskan empedu, melalui duktus sistikus, ke dalam usus kecil untuk membantu memecah makanan yang Anda makan, khususnya makanan berlemak.
 
Berdasarkan kutipan dari www.everydayhealth.com, beberapa gejala adanya sumbatan di dalam kantung empedu arena adanya batu empedu antara lain adalah

1. Nyeri perut yang parah dan tak tertahankan
Biasanya nyeri berada di kuadran kanan atas, atau sekitar bagian perut kanan atas atau bagian dada. Nyeri biasanya cukup melilit, tajam dan terkadang disertai kram. Nyeri yang memburuk setelah makan makanan berlemak atau berminyak. Nyeri seringkali bertambah parah ketika Anda bernapas dalam-dalam

2. Sakit atau nyeri pada bagian tulang belikat kanan atau ke belakang punggung
Meskipun sakit sebenarnya tidak ada hubungannya dengan otot di sekitar bahu, namun Anda juga terkadang akan mengalami nyeri pada bahu bagian depan dan belakang.

3. Gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan bisa diraskan seperti mulas, mual, muntah, dan kembung serta perut gas yang berlebihan. Bisa juga diikuti dengan reaksi demam dan menggigil pada tubuh. Anda mungkin juga akan merasakan kenyang di perut.

4. Mengalami penyakit kuning
Ini disebabkan oleh banyaknya bilirubin di dalam darah sehingga menyebabkan menguningnya kulit dan mata.

5. Warna yang tidak biasa
Jika Anda buang air besar, mungkin akan ada perbedaan warna kotoran yang lebih pekat atau gelap.

Itu dia beberapa gejala yang bisa dirasakan saat Anda mengalami batu empedu. Jangan ragu periksa ke dokter segera jika gejala bertambah parah ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading