Sukses

Beauty

Kenali 5 Jenis Kanker Mesothelioma

Ladies, kanker memiliki banyak jenis dan dapat menyerang bagian tubuh mana pun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda juga berhati-hati dengan menjaga gaya hidup sehat dan kebiasaan yang baik. Salah satu kanker yang bisa menyerang tubuh Anda adalah mesothelioma.

Mesothelioma merupakan kanker yang menyerang sel mesothelium, yaitu jaringan pelindung yang menutupi banyak organ dalam tubuh. Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, mesothelioma memiliki beberapa jenis dan dapat menyerang beberapa bagian tubuh, antara lain adalah

1. Mesothelioma pleura (selaput paru-paru)
Jenis ini adalah yang paling umum dari semua mesothelioma. Biasanya disebabkan oleh seringnya menghirup debu serat asbes, yang kemudian terjebak dalam pleura dan menyebabkan jaringan parut dan peradangan.

2. Mesothelioma peritoneal (selaput rongga perut)
Jenis paling umum kedua ini berkembang di peritoneum, yaitu jaringan yang melapisi perut. Sama halnya dengan mesothelioma pleura, penyebabnya adalah debu dan serat asbes yang entah tertelan atau menemukan jalan ke saluran pencernaan sehingga mengendap dan berkembang di selaput rongga perut.

3. Mesothelioma perikardial (kantung yang menyelimuti jantung)
Mesothelioma ini menduduki peringkat ketiga paling sering yang menyerang jaringan yang melapisi jantung. Penyebabnya juga asbes, dan kanker ini berkembang dari sel abnormal yang sudah berkembang pada pleura. Entah bagaimana prosesnya, namun debu asbes ini bisa menerobos ke pericardium dan berkembang di selaput jantung.

4. Mesothelioma dari testis tunika vaginalis (lapisan internal organ seks laki-laki)  dan Mesothelioma uteri tunika serosa (selaput internal organ intim wanita)
Kedua jenis mesothelioma ini adalah yang paling jarang terjadi. Meski belum pasti bagaimana persisnya debu asbes bisa mengendap dan menyerang bagian organ intim wanita dna pria ini, namun beberapa kasus memang menunjukkan bahwa debu asbes menjadi penyebab utamanya.

Jadi, jika Anda merasa bekerja di lingkungan yang bersinggungan dengan asbes dan berbagai produknya, maka sebaiknya Anda hati-hati dan selalu pakai masker saat bekerja ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading