Sukses

Beauty

Sehatnya 5 Manfaat Jamur Shitake Ini

Ladies, Anda pasti tahu bahwa jamur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah dimasak. Meski bukan termasuk dalam kategori tumbuhan, namun sepertinya ketika tiba pada kategori bahan makanan, jamur masuk dalam kategori sayur-sayuran.

Jika Anda suka makan jamur, maka Anda mungkin mengenal nama jamur shitake. Jamur dari jepang ini sering sekali menjadi campuran kuliner Jepang. Namun bukan hanya makanan Jepang saja yang cocok untuk ditambahkan jamur shitake, jika Anda suka, Anda juga bisa mengolahnya sendiri dengan resep ala Indonesia.

Orang Jepang juga dikenal sangat selektif jika memilih makanan dan pasti juga mempertimbangkan manfaat makanan tersebut, tidak terkecuali jamur shitake. Seperti dikutip dari www.stylecraze.com, jamur shitake memiliki beberapa manfaat penting untuk kesehatan, antara lain

1. Menurunkan kolesterol
Jamur dikenal tinggi serat, tidak terkecuali jamur shitake. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jamur shitake dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena selain tinggi serat, juga memiliki senyawa anti-kolesterol sehingga dapat membuang LDL atau kolesterol buruk dari dalam tubuh.

2. Meringankan penyakit thrombosis
Jamur shitake memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa melawan dan meredakan radang pada kulit dan organ dalam tubuh, tidak terkecuali pembuluh darah. Trombosis merupakan kondisi di mana darah menggumpal dan menghambat aliran darah dan menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah yang tersumbat.

Konsumsi jamur shitake yang anti-inflamai akan meredakan pembengkakan. Bukan hanya itu, jamur shitake juga memiliki senyawa lenthionine yang dapat membantu memecah gumpalan darah dan melancarkan peredaran darah.

3. Bersifat anti-kanker
Jamur shitake memiliki kandungan senyawa lentinan, yaitu senyawa anti-kanker yang kuat. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa lentinan dapat mencegah kanker, menurunkan pertumbuhan sel-sel kanker, sekaligus menghambat sel-sel kanker menyebar ke bagian tubuh lain. Bukan hanya itu, jamur shitake juga dapat merangsang produksi protein tertentu yang membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

4. Melawan gangguan penyakit autoimun
Shiitake dikenal cukup kuat untuk memerangi sejumlah gangguan autoimun yang dipicu oleh berbagai virus termasuk hepatitis B dan HIV. Ekstrak jamur shitake bahkan dapat lebih kuat melawan sel-sel tubuh yang terinfeksi oleh HIV daripada obat anti-HIV seperti AZT (azidothymidine).

Bukan hanya itu, jamur shitake juga memiliki lignin yang memiliki potensi mencegah sel-sel HIV bertambah banyak dan merusak sel-sel T, dan bahkan melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh Herpes simpleks tipe I dan II.

5. Mencegah dan meringankan anemia
Karena jamur shitake memiliki banyak zat besi, mengonsumsi jamur shitake bisa merangsang produksi trombosit lebih banyak dan mencegah anemia kambuh.

Bahkan jika Anda tidak sedang sakit apa pun, makan jamur shitake akan memperkuat sistem imun Anda sehingga tubuh lebih kebal dari serangan penyakit. Jadi, jika Anda sedang bingung mau masak apa untuk makan malam nanti, Anda bisa belanja jamur shitake dan buat sup yang lezat Ladies.



(vem/feb)
What's On Fimela
Loading