Sukses

Beauty

Ketahui Fakta Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok? No way! Ngeri nggak sih, Ladies, kalau berhelai-helai rambut kita rontok saat disisir. Belum lagi yang tertinggal di bantal saat kita tidur. It’s a big problem! Normalnya rambut rontok sekitar 100 helai per hari, dan actually, satu helai rambut yang sehat dapat bertahan pada akar 2-4 tahun lamanya! Jika rontok lebih dari 100 helai per hari, segera cari perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Secara alami setiap helai rambut akan tumbuh selama 6 tahun, kemudian berhenti di masa istirahat selama 4 bulan, sebelum akhirnya mati dan tidak bertumbuh lagi. Siklus pertumbuhan rambut ini banyak bergantung pada faktor genetik setiap manusia. Pada umumnya rambut pria lebih rentan mengalami kerontokan dari pada wanita.

Rambut rontok disebabkan oleh banyak sekali faktor. Selain dari faktor genetik dan gaya hidup, kesalahan perawatan rambut juga menyebabkan rambut rontok lho, Ladies. Let’s find out the cause.

• Faktor genetik atau keturunan. Menurut Dr. Robert Jones dari Hair Transplant Centre, wanita yang mengalami kerontokan rambut, 80% sampai 90% disebabkan oleh faktor keturunan.

• Efek samping obat tertentu. Seperti anti-depresan, beta-blocker, dan obat anti-inflamasi.

• Perubahan hormon yang biasanya disebabkan setelah masa kehamilan, operasi besar, penurunan berat badan drastis atau stres yang ekstrim.

• Penataan rambut yang salah. Wanita kadang menyukai mengikat rambut dalam waktu yang lama. Dengan mengikat rambut terlalu erat, lebih berisiko mengalami rambut rontok.

• Pengeringan menggunakan hair dryer dan catok rambut. Panas yang dihasilkan  alat pengering dapat menyebabkan rambut cepat rapuh dan akhirnya rontok.

• Pengunaan pewarna dan gel rambut dalam waktu yang lama. Para ahli menegaskan untuk membatasi penggunaan gel pada pria.

• Menyisir rambut saat basah. Dalam keadaan basah, rambut sangatlah rapuh dan rentan dengan kerusakan yang dapat menyebabkan rambut rontok.

• Faktor umur. Regenerasi rambut akan berkurang seiring bertambahnya usia.

• Faktor makanan. Nutrisi dan gizi yang seimbang dibutuhkan agar rambut kuat dari akarnya. Jika gizi/nutrisi nya kurang, rambut akan lebih mudah rontok.

Jadi Ladies, kalau kamu merasakan rambut rontok yang berlebihan. Cepat kenali penyebabnya ya, dan ubah gaya hidup kamu dalam merawat rambut. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat dan cocok untuk mengatasi rambut rontokmu; kalau perlu rawatlah rambut sebelum rambutmu mulai rontok!

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading