Sukses

Beauty

Tips Mengontrol Konsumsi Garam Sehari-Hari

Tanpa garam, masakan tidak akan menjadi lengkap. Tetapi, terlalu banyak garam juga tidak baik, lebih-lebih bagi yang menderita tekanan darah tinggi. Untuk mengontrol konsumsi garam Anda sebaiknya anda mengikuti tips berikut, seperti dilansir womansday.com.

    Baca label

    Perhatikan label nutrisi atau nutrition facts pada makanan kemasan yang Anda konsumsi. Tujuannya adalah mengonsumsi tidak lebih dari 1500 mg natrium/sodium dalam sehari. Dengan membaca label, sedikit banyak Anda akan dapat menghitung jumlah natrium yang masuk ke dalam tubuh Anda.

    Batasi makanan kalengan

    Makanan kalengan umumnya memiliki kandungan natrium yang tinggi sebagai pengawet dan perasa, karena itu, sebisa mungkin sebaiknya Anda hindari konsumsi makanan tersebut. Konsumsi makanan segar yang zat gizinya lebih utuh dan lebih sehat tanpa tambahan zat kimia.

    Tambah bumbu

    Kurangi garam dalam masakan Anda tanpa merusak rasa dengan menambahkan lebih banyak bumbu lainnya. Menambahkan aneka bumbu akan membuat cita rasa makanan terjaga tanpa harus menggunakan banyak garam.

    Masak sendiri

    Anda tidak akan tahu dengan pasti seberapa banyak garam atau kandungan natrium dari makanan yang Anda beli di luar. Terlebih umumnya para penjual makanan menambahkan MSG (Mono Sodium Glutamat) yang tentunya mengandung natrium.

Natrium/sodium sebenarnya dibutuhkan juga dalam tubuh, tetapi, bahan makanan secara alami telah mengandung natrium yang cukup sehingga tak perlu banyak tambahan lagi.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading