Sukses

Beauty

Tips Alami Menjaga Kesehatan dan Ketebalan Rambut

Kadang-kadang kesibukan pekerjaan atau mengurus rumah tangga, bikin waktumu merawat rambut jadi nggak ada. Rambut rontok, dan rambut bercabang, jadi masalah sehari-hari yang kamu hadapi. Padahal kalau keluar rumah dengan rambut tebal dan tampak sehat, kepercayaan diri biasanya meningkat pesat. Ada nggak sih tips untuk menjaga kesehatan dan ketebalan rambut?

Jangan berkecil hati dulu, Ladies. Untuk mengubah rambut rontok jadi sehat dan tebal kembali, ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba sendiri. Nggak perlu susah-susah, yang penting ikuti tips berikut secara disiplin ya.

Beri vitamin
Coba hentikan dulu smoothing atau coloring rambutmu. Biarkan ia beristirahat, lalu rawat dengan nutrisi alami dari masker lidah buaya, atau masker kuning telur seminggu sekali, serta dibantu dengan produk perawatan rambut rontok yang tepat. Kocok kuning telur dan beri perasan lemon, oleskan merata pada seluruh permukaan rambut. Diamkan sekitar 20 menit agar nutrisinya terserap sempurna untuk rambut yang tebal dan berkilau. Bilas hingga bersih dengan shampo.

Trimming
Mitos yang beredar, biar rambut cepat panjang potong secara teratur. Sebenarnya memotong rambut atau trim berguna sebagai salah satu cara cepat menghilangkan rambut bercabang karena kurang ternutrisi. Trim tidak langsung membantu memanjangkan rambutmu ya, trim secara teratur akan membantu rambut terlihat sehat bebas dari rambut bercabang.

Pilih shampo yang tepat
Cara yang tepat untuk merawat rambut kering, bercabang, dan rontok, adalah memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Sampo yang tepat akan memberi nutrisi pada rambut kering, namun tidak membuatnya tampak berminyak serta berketombe.

Produk untuk merawat rambut kering seperti Dove Nourishing Oil Care Sampo, membantu membersihkan kulit kepala dan rambutmu secara menyeluruh. Perpaduan formula natural oil yang terdiri dari ekstrak minyak almon, minyak kelapa, dan bunga matahari membantu menjaga kelembapan rambutmu. Dove Nourishing Oil Care Sampo mudah diserap oleh rambut tanpa membuatnya tampak lepek sehingga lebih mudah diatur.

Keramas dengan langkah yang benar
Saat kamu pulang dari aktivitas dan rambut terasa lengket karena polusi, keringat, dan kotoran, segeralah membersihkan rambutmu, Ladies. Pijat perlahan kulit kepala, lalu kucek rambut secara perlahan sampai ke ujungnya. Jangan menggaruk kulit kepala ya biar tidak terjadi iritasi pada kulit. Memberi pijatan pada kulit kepala juga bisa membantu melancarkan peredaran darah di kepala.

Keringkan rambut cukup dengan diangin-anginkan saja. Istirahatkan juga hairdryer atau blow catokmu dalam proses mengembalikan kesehatan dan ketebalan rambut ini. Sisir rambut setelah kering dengan sisir bergigi jarang untuk kamu yang berambut ikal atau keriting. Untuk rambut lurus, gunakan sisir bergigi rapat atau sisir bulat.

Penuhi gizi harian
Mengonsumsi makanan yang bergizi baik untuk kesehatan rambutmu. Selain vitamin E, penuhi juga kebutuhan zat gizi harian secara lengkap dan seimbang. Untuk rambut sehat dan tebal, masukkan menu makanan yang mengandung zat besi, zinc, serta kelompok vitamin B, C, dan E. Artinya, kamu harus banyak makan sayur hijau, daging yang bebas lemak, kacang-kacangan, buah, dan cemilan sehat seperti cokelat serta kacang edamame.

Setelah rambutmu kembali sehat dan tebal, kamu bisa mengatur rambut dengan lebih banyak gaya!

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading