Sukses

Beauty

Awas, 4 Macam Racun Serang Jantung Ini Harus Dihindari

Ladies, bagian tubuh yang sangat vital dan sangat penting dilindungi tidak lain adalah jantung Anda. Bisa dibilang jantung merupakan pusat dari kehidupan dan setiap waktu selalu bekerja tiada henti, dan Anda pasti tahu bagaimana jika ia berhenti bekerja.

Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, Anda juga harus tahu apa yang bisa membahayakan jantung Anda. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab rusaknya jantung, seperti misalnya racun. Dikutip www.everydayhealth.com, ini dia beberapa racun yang bisa menyerang jantung.

    Kemoterapi kanker

    Jika Anda mengidap penyakit kanker, maka pengobatan kanker berupa kemoterapi sebenarnya justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Obat-obatan untuk membunuh sel kanker dari kemoterapi sangat kuat sehingga juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan jantung.

    Kardiotoxic atau racun yang bisa menyerang jantung, paling umum dikenal dengan disfungsi ventrikel kiri atau gagal jantung. Hal ini bisa terjadi kepada pasien kanker payudara yang menjalani echocardiogram atau ultrasound, atau scan jantung, sebelum menerima obat kemoterapi. Hal ini diketahui bersifat kardiotoxic.

    Radiasi treatment kanker

    Radiasi untuk pengobatan kanker bisa bermacam-macam, bukan hanya kemoterapi saja. Untuk pasien dengan kanker payudara, radiasi bisa mengenai jantung dan hal ini bisa berbahaya. Jika pasien diberikan dosis tinggi, hal ini dapat merusak jantung yang menyebabkan peningkatan kematian akibat penyakit jantung.

    Radiasi CT scan

    Paparan radiasi dari computed tomography atau CT scan juga bisa membahayakan jantung Anda. CT scan termasuk yang sering digunakan untuk mendeteksi penyakit. Sinar X yang digunakan mengandung 0.1 millisieverts radiasi, dan jika Anda melakukan banyak treatment CT scan, maka akan semakin tinggi risiko terkena penyakit jantung.

    Merkury pada ikan laut

    Hal ini sudah umum jika merkuri termasuk salah satu radioaktif sekaligus menjadi racun yang berbahaya untuk tubuh. Biasanya, ikan air laut memiliki banyak kandungan merkuri, itulah mengapa asupan ikan laut dibatasi hanya 2 porsi per minggu. Bukan hanya bahaya untuk jantung, namun merkuri yang ada di dalam tubuh terlalu banyak juga berbahaya untuk seluruh organ tubuh.

Jadi, itu dia beberapa bahaya racun yang bisa menyerang jantung kapan saja. Jika Anda ingin tetap menjaga kesehatan jantung, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan bukan?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading