Sukses

Beauty

Bye-Bye Komedo! 5 Cara Praktis Punya Kulit Bersih Bebas Komedo

Maunya sih tampil cantik alami tanpa harus memakai make-up berlebih. Tapi kalau wajah dipenuhi komedo? Ugh, pastinya nggak enak banget dan bakal bikin bete tiap kali kita menatap cermin. Komedo memang jagonya bikin mood setiap wanita memburuk. Belum lagi kalau ada orang yang mencibir dan mengomentari wajah yang dipenuhi komedo. Rasanya pengen ngumpet aja ya.

Ladies, tak perlu marah atau kesal saat komedo masih muncul di wajah Anda. Ada sejumlah cara yang bisa Anda pilih untuk menghilangkannya. Dengan menggunakan bahan-bahan alami atau bahan-bahan yang ada di dapur, kita bisa menghilangkan komedo dari wajah dengan sangat praktis dan simpel. Nah, berikut ini ada lima cara yang bisa langsung Anda coba untuk menghilangkan komedo di wajah Anda dan mendapatkan kulit bersih dan lembut.

(vem/nda)

Masker Putih Telur

Putih telur adalah salah satu bahan terbaik dari alam yang baik untuk kulit. Khasiatnya mampu mengencangkan, mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, komedo, serta menjaga kelembaban kulit. Hal ini karena dalam kandungan putih telur terdapat asam amino, vitamin E dan protein yang melengkapi kebutuhan kulit Anda.

Bila Anda ingin mengatasi masalah kulit kusam, kering, keriput, kerawat dan komedo, Anda bisa menggunakan masker putih telur. Pengaplikasiannya pun mudah. Anda hanya butuh handuk lembut, air hangat, sedikit putih telur, dan tisu.

Caranya sangat mudah. Here are the steps.

  1. Potong-potong tisu mengikuti bentuk wajah atau daerah yang Anda ingin rawat.
  2. Celupkan masker sekali, kemudian pasang di permukaan kulit.
  3. Fokuskan pada kening, pelipis, hidung, pipi bawah mata dan bawah bibir.
  4. Bila mau, gunakan di seluruh wajah.
  5. Diamkan selama 30 menit atau sampai mengering.
  6. Setelah kering, tarik pinggiran tisu.
  7. Perlahan sel kulit mati dan komedo akan terangkat.
  8. Kulit wajah Anda akan terasa lembut dan dingin, namun, masih ada sisa putih telur.
  9. Basuh sekali lagi dengan air hangat, kemudian ringkas dengan membilasnya dengan air dingin biasa.
  10. Keringkan dengan menepuk-nepuk wajah menggunakan handuk.

Kenakan masker ini di malam hari sebelum tidur. Dan setelah selesai menggunakan masker ini, biarkan kulit wajah bebas dari bahan kosmetik apapun hingga keesokan paginya.

Baking Soda dan Madu

Nah, cara ini juga sangat praktis dan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan baking soda dan madu. Perpaduan kedua bahan bisa jadi metode ampuh untuk mengangkat komedo.

Ini dia langkah-langkahnya.

  1. Campurkan 1 sdm madu dengan 2 sdm baking soda. Aduk hingga menjadi pasta yang lengket dan tercampur merata. Jangan lupa untuk menyeka wajah Anda dengan air hangat. Tujuannya membersihkan wajah dan membuka pori sehingga komedo akan lebih mudah terangkat. Seka dengan handuk hangat yang sudah diperas agar tidak terlalu basah.
  2. Oleskan masker madu dan baking soda tersebut pada area yang inginkan. Utamakan daerah T, pipi bawah kantong mata, bawah bibir yang kerap mengandung komedo. Biarkan sampai 30-40 menit.
  3. Setelah itu, bersihkan wajah dengan handuk hangat yang agak basah untuk menghapus masker. Ulangi menyeka wajah untuk memastikan semua masker bersih.
  4. Bilas dengan air dingin biasa untuk meringkas pori. Sebaiknya dilakukan di malam hari agar Anda bisa tidur dan kulit ikut beristirahat.

Selamat mencoba, Ladies!

Scrub dari Daun Jambu Biji

Mungkin cara ini kurang populer tapi patut dicoba, yaitu dengan memanfaatkan daun jambu biji. Anda bisa membuat scrub daun jambu biji untuk menghilangkan komedo.

Pertama, ambil 6 hingga 7 lembar daun jambi biji yang masih muda. Lalu, cuci sampai bersih. Setelah itu hancurkan daun jambu biji dengan meremas-remasnya menggunakan tangan. Baru setelah itu, oleskan di area wajah yang berkomedo. Diamkan 10 hingga 15 menit. Baru pijat dengan gerakan memutar ke atas menggunakan jari. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Tekstur kasar dari daun jambu biji memang sangat efektif untuk dijadikan scrub. Jadi jika Anda memiliki pohon jambu biji di dekat rumah, Anda bisa langsung petik daun jambu bijinya yang masih muda.

Masker Daun Ketumbar dan Kunyit

Hindari memencet komedo atau mengeluarkan komedo dengan kuku Anda. Karena salah-salah malah menimbulkan iritasi. Sebagai solusinya, Anda bisa coba membuat masker ketumbar dan kunyit ini.

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, yaitu 1 sdt jus dari daun ketumbar segar dan 1/2 sdt bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan, aduk rata. Setelah itu oleskan di area hidung yang berkomedo. Diamkan semalaman, baru bersihkan keesokan paginya.

Kenakan masker ini secara rutin saat malam hari sebelum tidur. Setidaknya lakukan selama tujuh hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Kulit Jeruk

Kalau habis makan buah jeruk, jangan langsung buang kulitnya. Tidak hanya daging buahnya saja, kulit jeruk pun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk menutrisi kulit. Sehingga kulit jeruk pun bisa memberikan manfaat yang baik untuk kulit.

Untuk menghilangkan komedo, Anda perlu mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu. Baru setelah itu digiling halus untuk dijadikan scrub wajah. Scrub kulit jeruk ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit tanpa bintik-bintik hitam. Anda juga bisa mencampurkan scrub kulit jeruk ini dengan susu, madu, atau yogurt.

Campurkan 1-2 sdm yogurt/madu/susu dengan kulit jeruk yang sudah dihaluskan. Oleskan merata pada wajah Anda, diamkan hingga kurang lebih 15 menit kemudian pijat dan gosok dengan gerakan melingkar. Bilas wajah dengan air hangat. Scrub ini juga sangat efektif untuk mengurangi kelebihan produksi minyak di wajah juga lho, Ladies.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading