Sukses

Beauty

Fakta Penelitian di Balik Anjuran ‘Matikan Gadget Sebelum Tidur’

Zaman sekarang, susah rasanya untuk lepas dari gadget meskipun itu hanya sehari. Apalagi jika tuntutan kesibukan dan pekerjaan mengharuskan kita untuk selalu mengecek gadget seperti ponsel dan tablet. Namun, sesering apapun kita menggunakan gadget, pastikan kita selalu menon-aktifkan semua gadget sebelum tidur.

Jika Anda punya kebiasaan membaca buku elektronik (e-book) sebelum tidur, saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Dilansir dari mindbodygreen.com, sebuah penelitian sederhana dalam Proceedings of the National Academies of Sciences menyebutkan bahwa kebiasaan membaca e-book sebelum tidur bisa mencegah kita mendapatkan tidur yang sehat.

Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta 12 partisipan untuk memilih membaca dari buku cetak atau e-book sebelum tidur selama lima hari. Lalu peneliti mengambil sampel darah mereka untuk mengukur kadar melatonin dan mencatat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jatuh tertidur dan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk setiap tahapan tidur.

Hasilnya, dibandingkan dengan buku cetak, e-book mengurangi rasa kantuk, tidur REM, dan kadar melatonin (hormon yang diproduksi sebelum tidur). Dengan kata lain, partisipan yang membaca e-book sebelum tidur butuh waktu lebih lama untuk jatuh tertidur dan sulit bangun di pagi harinya.

Selain e-book, ponsel, monitor LED, dan laptop juga bisa menjadi penyebab gangguan tidur. Gadget tersebut memancarkan sinar biru (blue light) yang bermanfaat di siang hari karena bisa “menyuruh” otak untuk tetap terjaga tapi kurang baik digunakan di malam hari. Karena saat malam hari, tubuh kita sudah butuh waktu untuk istirahat.

“Dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, ada penurunan dalam durasi dan kualitas tidur rata-rata,” ungkap co-author Charles Czeisler. Ia menjelaskan bahwa karena makin banyaknya orang yang bergantung pada alat elektronik untuk membaca, berkomunikasi, dan kebutuhan hiburan, maka perlu adanya penelitian akan dampak jangka panjang dari kebiasaan ini.

Ladies, jika selama ini Anda kesulitan bangun pagi, bisa jadi penyebabnya adalah karena Anda masih menggunakan gadget sebelum tidur. Jika ingin mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas, beberapa jam sebelum tidur, matikan semua gadget Anda. Setidaknya jangan menatap layar gadget apapun yang memancarkan blue light. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan kegiatan lain yang merilekskan tubuh seperti membaca buku (tapi bukan dari e-book) atau melakukan yoga sederhana untuk melemaskan otot-otot tubuh. Selain itu, tidurlah dengan lampu dimatikan ya.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading