Sukses

Beauty

Jangan Kebanyakan Stres, Efeknya Sakit Fisik

Tidak sedikit wanita mengalami stres saat dihadapkan pada masalah rumit baik masalah keluarga, keuangan ataupun pekerjaan. Stres merupakan salah satu kondisi yang bukan hanya menyebalkan namun juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Selain berpengaruh buruk terhadap kesehatan psikis, stres juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan fisik. Dilansir dari prevention.com, inilah beberapa pengaruh buruk perasaan stres bagi kesehatan fisik.

    Cepat Lelah

    Stres memicu tubuh seseorang mengalami cepat lelah. Meskipun tidak bekerja sepanjang hari dan telah memiliki istirahat yang cukup, stres sering kali menguras tenaga dan stamina. Ketika Anda merasa mudah lelah, kemungkinan besar Anda tengah dihadapkan pada kondisi stres dan berpikir terlalu berat.

    Mengganggu Pencernaan

    Sebagian besar penderita penyakit pada gangguan pencernaannya disinyalir disebabkan oleh perasaan stres. Ketika seseorang mengalami stres, tidak jarang hal ini merubah pola makannya dan memicu terjadinya gangguan pencernaan. Berpikir terlalu berat karena stres juga memicu pencernaan di dalam tubuh tidak bekerja secara normal.

    Jerawat

    Stres dikatakan mampu meningkatkan hormon seseorang. Dan jika hormon ini terus mengalami peningkatan, tidak heran jika bisa menimbulkan jerawat di tubuh ataupun wajah. Kecemasan yang timbul akibat stres memicu sistem kekebalan tubuh menurun dan memunculkan jerawat.

    Batuk Dan Flu

    Kecemasan akibat stres dikatakan mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Ketika sistem kekebalan tubuh mudah menurun, hal ini bisa menyebabkan virus serta bakteri penyebab batuk maupun flu dengan mudah menyerang. Batuk dan flu merupakan salah satu pengaruh buruk akibat stres.

    Berat Badan Tidak Stabil

    Ada beberapa orang yang mengalami stres dan makan banyak sehingga ia mengalami obesitas. Namun tidak sedikit orang tidak nafsu makan saat dirinya tengah stres sehingga ia menjadi lebih kurus. Berat badan yang tidak stabil dan cenderung naik ataupun turun merupakan salah satu pengaruh dari perasaan stres.


Selain pengaruh buruk di atas, stres juga memicu rambut rontok. Agar tubuh tetap sehat, pastikan suasana hati Anda selalu bahagia dan jauh dari perasaan cemas agar tidak berujung stres. Usahakan untuk menjaga pola makan, olahraga, istirahat cukup dan minum vitamin agar tubuh selalu sehat. Atur selalu perasaan Anda dan cobalah untuk tetap tenang dalam kondisi apapun.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading