Sukses

Beauty

Hindari Memakai Sabun Padat Saat Kondisi Tubuh Tidak Fit

Ladies, rupanya Anda harus memeriksa kembali sabun yang Anda pakai.

Sabun padat memang lebih hemat dan awet dibandingkan sabun cair, namun sebenarnya sabun padat ini lebih banyak menyimpan kuman. Meski begitu, kuman yang terdapat di sabun padat tidak selalu akan menyebabkan sakit atau infeksi kulit.

Saat musim liburan ketika banyak keluarga melakukan perjalanan, kebersihan kadang jadi perkara yang tak mudah. Misalnya saja toilet umum dan wastafel untuk mencuci tangan jadi dipakai lebih banyak orang dengan tingkat kesadaran kesehatan yang beragam pula.

Ada kalanya kita menemukan toilet atau wastafel umum hanya menyediakan sabun padat. Apa yang salah dengan sabun ini? Bukankah masih lebih baik disediakan sabun dari pada tidak sama sekali.

Seperti dilansir huffingtonpost.com, dokter Elaine L. Larson Ph.D, wakil dekan dan peneliti epidemilogi Columbia University's Mailman School of Public Health, mengatakan, kuman penyakit sangat senang hidup dan tumbuh di permukaan sabun padat. Terutama karena sabun padat sering dipegang banyak orang dibanding sabun cair.

“Namun jangan khawatir karena biasanya hanya mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendahlah yang harus waspada akan sabun padat. Sebaiknya mereka hanya menggunakan sabun cair saja,” kata Larson.

Namun jika Anda punya kesehatan prima, tubuh tak akan bermasalah kontak dengan kuman yang ada di sabun padat. Bakteri sangat senang hidup di permukaan sabun padat yang lembab berlendir.

"Maka cara yang benar adalah guyur permukaan sabun padat sebelum menggunakannya di air mengalir untuk mengikis lapisan yang ditinggali kuman,” kata Larson.

Cuci tangan 20-30 menit di bawah air mengalir, periksa kuku-kuku, dan bersihkan hingga batas pergelangan tangan. Lalu, setelah menggunakannya, akan lebih baik meletakan sabun padat di tempat yang kering.

Pastikan juga dalam beberapa menit sabun permukaan sabun jadi kering karena udara agar tak ada kuman yang menempel di permukaannya yang berlendir.

“Jika Anda hanya berbagi sabun padat dengan anggota keluarga, tak perlu terlalu dikhawatirkan,” kata Larson. Karena Anda mungkin sudah sejak lama berbagi organisme dengan anggota keluarga yang lain.

Namun kewaspadaan akan kebersihan sabun padat sangat penting dilakukan saat berada di toilet atau wastafel umum. Ketika sabun padat cuma satu-satunya sarana pembersih yang ada.

Lebih baik Anda menggunakan sabun cair saat tubuh dalam kondisi tak sehat.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading