Sukses

Beauty

Tidak Sehat, Cara Masak Nasi Anda Selama Ini Ternyata Salah

Sebagai orang Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang menjadi makanan sehari-hari. Nasi cukup populer menjadi makanan utama di berbagai negara Asia lain. Bahkan ada istilah, tidak makan nasi berarti belum makan. Jika Anda merupakan salah satu pecinta nasi dan tidak bisa hidup tanpa makan nasi, Anda perlu mengetahui ini.

Seperti yang Anda ketahui bahwa nasi putih memiliki lebih banyak kalori daripada nasi merah dan gandum. Menurut kutipan dari sciencealert.com, cara memasak beras selama ini ternyata salah dan ada teknik memasak lain yang bisa memotong kalori nasi sehingga lebih sehat.

Nasi yang dimasak dengan cara menanak dengan air dan dibiarkan hingga matang memiliki kalori berupa karbohidrat sederhana yang lebih tinggi, yang mudah diserap tubuh namun juga mudah menjadi lemak tubuh jika tidak dibakar dengan aktivitas fisik seperti olahraga.

Penemuan ini ditemukan oleh mahasiswa Sri Lanka yang melakukan percobaan untuk menemukan cara memasak nasi yang sehat. Cara yang perlu Anda lakukan adalah, Anda merebus air hingga mendidih, kemudian tambahkan minyak kelapa sekitar 3% dari berat beras yang akan dimasak. Kira-kira sekitar 1 sendok teh untuk setengah gelas takar beras yang akan dimasak. Kemudian baru masukkan beras yang akan dimasak.

Setelah matang, biarkan dingin dan simpan nasi dalam kulkas hingga sekitar 12 jam dan keluarkan. Hangatkan sebentar di microwave, dan siap makan. Cara ini akan mengurangi kalori nasi hingga 50 persen. Memang agak ribet ya, tapi jika cara ini bisa membuat nasi Anda lebih sehat, boleh dicoba kan?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading