Sukses

Beauty

Pilihan Makanan Sebelum dan Sesudah Olahraga

Dalam mengatur pola hidup sehat, Anda tidak hanya disarankan makan makanan sehat, tapi Anda juga harus tahu bagaimana cara menyeimbangkan aktivitas dengan makanan Anda. Begitu juga sebelum berolahraga. Apa yang Anda makan sebelum lari pagi tentu berbeda dengan apa yang Anda makan sebelum yoga. Ingin tahu lebih banyak? Berikut ini informasi lengkapnya seperti yang telah dilansir oleh Elle.com.

    Lari

    Sebelum: Terlalu kenyang tentu membuat olahraga Anda tidak efektif, jadi usahakan jangan makan terlalu banyak selama beberapa jam sebelum dan sesudah lari. Jika Anda lapar, makanlah roti bakar dengan olesan alpukat di atasnya. Alpukat akan membuat Anda lebih berenergi saat karbohidrat dibakar selama Anda berlari. Lalu, Anda juga bisa minum kopi hitam. Kopi hitam akan menstimulasi adrenalin Anda selama Anda berlari untuk waktu yang lama.

    Sesudah: Anda membutuhkan makanan yang dapat mengganti nutrisi Anda yang hilang. Misalnya salmon, sayuran, dan karbohidrat kompleks. Anda juga bisa mengkonsumsi pepaya, santan dan madu untuk mengganti glikogen yang hilang.

    Olahraga Berat

    Sebelum: Kacang-kacangan dan gandum (oatmeal), selain kandungan seratnya tinggi, kacang-kacangan dan gandum juga mencukupi karbohidrat, protein dan lemak yang Anda butuhkan, sehingga membuat Anda lebih bertenaga selama melakukan olahraga berat.

    Sesudah: Protein. Itu yang harus Anda makan agar olahraga berat yang Anda lakukan tidak sia-sia, misalnya ayam atau telur. Anda bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat Anda, untuk mengganti glikogen yang hilang, dengan makan quinoa. Lengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan sayuran.

    Yoga

    Sebelum: Yoga lebih efektif dilakukan jika perut Anda kosong. Jadi, sebelum yoga Anda cukup minum air mineral atau air kelapa untuk menambah cairan dalam tubuh Anda yang nantinya akan keluar sebagai keringat.

    Sesudah: Anda disarankan minum jus yang terdiri dari seledri, pisang, apel dan buah pir, yang akan memenuhi kebutuhan karbohidrat, asam amino, vitamin dan mineral pada tubuh Anda, namun mudah dicerna. Anda juga boleh makan alpukat.

    Pembentukan Otot

    Sebelum: Setengah buah pisang atau satu sendok selai almond akan menambah energi Anda namun tidak membuat Anda kekenyangan. Pisang akan mencukupi kebutuhan karbohidrat, serat, kalium dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda.

    Sesudah: Protein. Protein sangat berperan dalam pembentukan dan kekuatan otot. Ganti cairan tubuh Anda yang hilang dengan air kelapa terlebih dahulu, lalu Anda disarankan minum smoothie yang terdiri dari susu almond, bubuk protein brown rice, biji chia, acai, kayu manis, dan ekstrak vanila, yang dapat mencukupi kebutuhan asam amino Anda.  

Jadi, kuncinya tetap pada pola hidup sehat. Beberapa jam sebelum dan sesudah berolahraga, jangan makan makanan berat dan berlemak.

 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading