Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Pada Payudara

Payudara atau sekitar puting terasa gatal bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita dewasa atau remaja. Penyebab yang melatarbelakangi timbulnya gatal berbagai macam, mulai dari iritasi kulit hingga kanker payudara.

Namun, penyebab umum dari payudara gatal adalah kondisi atopic dermatitis atau eczema yang merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan. Timbulnya atopic dermatitis belum diketahui pasti penyebabnya. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya kulit kering, kulit gatal hingga ruam. Selain itu, ada faktor kebiasaan Anda sehari-hari yang menyebabkan timbulnya rasa gatal pada payudara, antara lain:

1. Deterjen atau sabun pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian maupun pakaian dalam.

2. Adanya tambahan kandungan pewangi buatan yang bersentuhan dengan kulit.

3. Kandungan dalam sabun mandi yang tidak cocok dengan kulit.

4. Ketidakcocokan antara kulit payudara dengan serat kain wol.

5. Kulit di payudara alergi terhadap bahan pakaian dalam Anda.

Selain penyebab gatal yang berasal dari luar, kondisi ibu yang sedang hamil juga dapat menyebabkan payudara mengalami pembesaran. Kulit yang tertarik dan meregang dapat menyebabkan timbulnya gatal dan kulit pecah-pecah.

Dorongan untuk menggaruk kulit di sekitar payudara merupakan gejala awal kondisi gatal payudara. Hal ini kemudian diikuti dengan rasa tidak nyaman yang kadang muncul atau terus-menerus. Karena terasa gatal, Anda pun otomatis menggaruk kulit yang halus di sekitar payudara, sehingga dapat mengakibatkan kulit berubah warna menjadi kemerahan, membengkak, pecah-pecah atau bersisik tebal. Meski menggaruk membantu sedikit menghilangkan rasa gatal, namun kerusakan kulit menjadi salah satu dampaknya.

Nah, karena itulah jika rasa gatal tidak juga kunjung hilang setelah beberapa hari atau bahkan semakin memburuk, maka segera periksakanlah ke dokter. Terlebih lagi jika rasa gatal diiringi dengan keluarnya cairan kekuningan, kecokelatan maupun kemerahan serta jika muncul gejala seperti kondisi mastitis.

Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa perawatan untuk mengatasi gatal pada payudara, seperti:

1. Membasuh air hangat ke payudara dan sabun berbahan lembut untuk dapat membantu meredakan rasa gatal.

2. Menggunakan krim tanpa tambahan pewangi maupun pewarna atau krim corticosteroids (atas petunjuk dokter pemeriksa), juga dapat meredakan radang pada kulit.

3. Menghindari menggunakan bahan yang dapat menimbulkan alergi, karena justru akan membuat gatal semakin bertambah.

4. Untuk ibu yang sedang menyusui, pastikan Anda untuk mengosongkan payudara ketika menyusui atau memerah ASI. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi penyumbatan karena ASI yang bertumpuk.

5. Saat menyusui, Anda sebaiknya dapat mengatur posisi kepala bayi dan selalu berikan payudara yang satunya secara bergantian dengan payudara lain.

Sumber : meetdoctor.com

 

 

 

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading