Sukses

Beauty

Deteksi Dini Penyakit Gagal Ginjal dengan 3 Tes Ini!

Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang membunuh secara diam-diam. Disebut demikian karena gejala dari penyakit ini seringkali tidak dirasakan oleh para penderitanya. Tapi, begitu gejalanya sudah dapat dirasakan ternyata penyakit tersebut telah memasuki tahapan yang parah. Oleh sebab itu, deteksi dini sangat diperlukan agar penyakit ini dapat segera ditangani dengan tepat.

Dilansir dalamĀ www.kidney.org, deteksi penyakit gagal ginjal ini bisa dilakukan dengan melakukan tiga rangkaian tes yang banyak ditawarkan di rumah sakit. Tes kesehatan ini diperlukan untuk memastikan diagnosis serta merencanakan tahapan pengobatan. So, apa saja tiga rangkaian tes itu? Berikut ulasan lengkapnya.

    Tes Tekanan Darah

    Tes tekanan darah diperlukan untuk mengetahui tinggi rendahnya tekanan darah Anda. Seperti diketahui, tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal.

    Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, sekitar 140/90 mmHg, maka bisa dipastikan Anda mengalami hipertensi dan akan lebih rentan terhadap penyakit seperti gagal ginjal.

    Tes Urine

    Tes urine ini dilakukan untuk mengecek kesehatan fungsi ginjal Anda dengan mengetahui jumlah Albumin Kreatini Ratio. Angka dari Albumin Kreatini Ratio ini digunakan untuk mengukur jumlah kebocoran albumin ketika ginjal mengalami kerusakan.

    Selain itu, pemeriksaan sampel urine ini juga bisa menjadi pemeriksaan visual untuk warna. Kita bisa mengetahui kondisi kesehatan ginjal kita berdasarkan warna urine yang kita keluarkan. Jika urine terlalu keruh, maka hal ini menunjukkan bahwa ginjal kita mengalami masalah.

    eGFR

    estimate-Gromerular Filtration Rate diperkirakan dari hasil serum (atau darah) tes kreatinin. eGFR dapat memberitahu apakah ginjal Anda berfungsi dengan baik untuk menghilangkan limbah dari darah Anda. eGFR merupakan cara terbaik untuk memeriksa fungsi ginjal Anda. Jika GFR Anda menunjukkan angka 60 mL/men/1.73 m2 atau lebih, ini berarti ginjal Anda berfungsi dengan normal.

    Namun, apabila GFR Anda menunjukkan angka dibawah tersebut, ini menandakan bahwa Anda menderita penyakit gagal ginjal. Catatan penting untuk nilai GFR ini adalah bahwa GFR menurun sesuai dengan usia Anda.

Nah, itulah tiga rangkaian tes yang bisa Anda gunakan untuk melakukan deteksi dini resiko penyakit gagal ginjal. So, jika Anda merasakan ada yang tidak normal dengan ginjal Anda, sebaiknya segera temui dokter dan lakukan tes agar mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading