Sukses

Beauty

Berat Badan Turun 110 kg Tanpa Diet dan Obat, Clara Membagi Rahasianya

Menurunkan berat badan adalah perjuangan besar. Diet dan olahraga sering membuat seseorang menunda usaha menurunkan berat badan, sebab susah dan berat menjalaninya. Namun biasanya, akan datang satu dorongan yang memaksa seseorang menurunkan berat badannya. Wanita ini bernama Clara Williams, berat badannya berhasil turun 110 kg. Dorongan untuk bisa melihat pertumbuhan cucu, lebih sehat dan panjang umur membuatnya tersenyum lebar saat ini. Dilansir oleh redbookmag.com, ini rahasia Clara.

Sejak duduk di sekolah menengah, Clara Williams mulai mengalami masalah dengan berat badannya. Di saat berat badannya semakin menanjak, keinginan untuk makan makanan manis dan makanan yang mengandung kolesterol semakin menggebu-gebu. Saat berusia 20 tahun, berat badan Clara sudah mencapai angka 100 kg. Dan semakin bertambah 5 tahun kemudian setelah ia melahirkan putrinya, berat badannya mencapai angka 136 kg. "Berat badanku terus naik dan naik, hingga aku menyadari berat badanku sudah terlalu banyak saat aku menimbang berat badan di kantor dokter pada tahun 2010, yaitu 193 kg," cerita Clara. "Saat itu aku sudah mengenakan celana jeans dengan ukuran paling besar yang tersedia di toko-toko, namun aku masih kesulitan mengancingkannya."

Clara Williams saat masih gemuk | copyright Terry Bonham Photography, TOPS Club Inc.

Saat putrinya melahirkan seorang anak laki-laki, Clara mulai membulatkan tekad bahwa ia harus melakukan sesuatu dengan tubuhnya. "Aku sadar bahwa jika terus seperti itu, aku tidak akan bisa lama berada di sisi cucuku dan mengasuhnya. AKu juga tidak akan bisa lama berada di samping keluarga, jika berat badanku terus tidak terkontrol. Jika aku menggendong cucuku, aku bahkan tidak bisa bangun sendiri dari sofa. Aku sudah bosan merasa sakit dan kelelahan setiap saat. Jadi, aku memutuskan untuk berjuang menurunkan berat badan."

Clara pun melakukan tekadnya tersebut. Ia terinspirasi dari apa yang dilakukan dan dinasehatkan ayahnya dulu, yang berhasil menurunkan 45 kg beratnya. Clara pun didukung oleh Patty sahabatnya. Clara dan Patty bergabung dengan TOPS (Take Off Pounds Sensibly) Club Inc., sebuah kelompok non-proft pendukung program penurunan badan. Di awali dengan pertemuan mingguan, kelompok tersebut juga mengadakan kompetisi untuk memotivasi anggotanya dalam menurunkan berat badan. Bagi Clara, motivasi dari kelompok tersebut memberinya dorongan kuat dalam menurunkan berat badan. Dan hal itu sangat menyelamatkan hidupnya.

Melalui apa yang dia dapat dari berbagai pertemuan dalam kelompok tersebut, Clara mulai mengganti makanan cepat saji dengan makanan sehat. Dia mulai lebih banyak makan salmon, ayam, sayuran, dan yogurt, serta mengurangi konsumsi keripik kentang dan permen atau cokelat. Namun yang mengejutkan Clara adalah, makan makanan sehat yang ia lakukan sama sekali tidak terasa seperti sedang berdiet. 

Untuk olahraga, Clara melakukan senam ringan pada siang hari bersama dengan rekan kerjanya, dan berjalan-jalan santai saat malam bersama Patty. Perkembangannya memang terasa lambat, namun karena Clara tidak pernah menyerah dan tetap setia melakukannya, ia pun mendapatkan hasil yang diinginkan. 

"Mengetahui perubahan berat badanku setiap minggu membuatku lebih terkontrol. Aku juga seolah selalu diingatkan bahwa aku jauh lebih baik dibanding dengan saat aku memulai program ini."

Clara Williams setelah berhasilkan 110 kg berat badannya | copyright Terry Bonham Photography, TOPS Club Inc.

Kini, setelah berkurang sebanyak 110 Kg, berat badan Clara pun menjadi 83 kg, dan ia tetap menikmati hidup sehat yang ia jalani. Clara mulai mengontrol kalori dalam tubuhnya, serta memperbanyak olahraga. Sejauh ini, usaha dan ketekunannya akhirnya mendapatkan hasil yang setara. "Setelah berhasil menurunkan berat badan, aku seolah merasa bebas dari hal-hal yang menyiksa saat terlalu gemuk. Sakit pada punggung dan kakiku mulai berkurang, aku pun kini bisa bermain selama berjam-jam dengan cucuku di taman." Saat bercermin, Clara juga senang karena ia melihat sosok wanita yang lebih sehat. ia berharap kesuksesannya ini dapat menginspirasi banyak orang.

"Aku adalah bukti nyata bahwa perubahan kecil dapat membawa pengaruh yang luar biasa besar. Yakinkan diri Anda untuk makan makanan sehat dan memperbanyak gerak setiap hari. Jangan pernah menunda sampai besok untuk mencapai impian Anda," tutupnya.

Salut! Dari 193 kg menjadi 83 kg merupakan prestasi yang luar biasa lho, Ladies. Tentu tidak mudah dan butuh waktu lama, tapi seperti yang Clara bilang, setia dan jangan menyerah. Plus, cara ini mudah karena tidak perlu membuat Anda tersiksa dengan diet ketat. Cukup makan makanan sehat, dan perbanyak gerak. Semoga menginspirasi.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading