Sukses

Beauty

Perhatikan, Ini 5 Tanda Kamu Diet Berlebihan Dan Merusak Tubuh

Sebagai wanita yang peduli penampilan, kamu pasti akan berpikir untuk melakukan diet agar berat badan turun sehingga punya tubuh langsing yang ideal dan lebih menarik, benar kan? Menjalankan diet itu tidak salah, bahkan sangat sehat karena menjaga berat badan ideal akan menjauhkan kamu dari berbagai penyakit.

Tapi jangan lantas menerapkan diet ketat yang tak manusiawi. Ketahui batasan diet yang kamu lakukan, karena diet terlalu keras juga tak baik. Bagaimana cara mengetahui diet kamu berlebihan atau tidak, coba perhatikan tanda-tanda berikut ini.

    Menghindari semua jenis makanan

    Kamu memang harus menghindari makanan berlemak tinggi rendah nutrisi seperti gorengan, makanan bersantan, camilan dan lain sebagainya. Tapi bukan berarti kamu bisa membatasi asupan makan, cuma makan sehari sekali dan dengan porsi sangat kecil.

    Merasa tidak sehat

    Jika diet justru membuat kamu merasa lelah, tidak bertenaga, tampak pucat, bahkan mengalami kulit kusam dan menstruasi tak teratur, maka kamu pasti melakukan diet yang buruk. Tubuh kamu mungkin kehilangan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

    Berat badan turun dalam waktu cepat

    Jangan terlalu bangga ketika kamu bisa menurunkan berat badan 5 kilo dalam sebulan. Ini tidak sehat. Apalagi jika tubuhmu jadi merasa tidak fit. Menurunkan berat badan harus dilakukan secara berkala, perlahan tapi berkelanjutan. Berat badan sehat yang boleh turun per bulannya hanya 2-3 kilogram saja.

    Suasana hati tak stabil

    Jika dilakukan dengan benar, diet justru bisa membuat suasana hati semakin baik. Tapi jika sebaliknya, ini menandakan kadar gula dalam darah turun karena kurang makan sehingga membuatmu kelaparan. Saat lapar, tubuh akan stres dan mengeluarkan hormon adrenalin yang membuatmu cepat marah.

    Terobsesi kurus

    Jangan terpatok dengan angka atau ukuran, jika hanya mementingkan ukuran tubuh kurus, kamu akan terjebak dalam diet yang buruk. Tak memperhatikan kebutuhan tubuh dan secara sembarangan menolak makan apa pun karena takut gemuk. Pada akhirnya kamu tak makan apa pun.

Jangan memaksakan diri dan keluar batas hingga mengorbankan kesehatan tubuh. Menurunkan berat badan itu memang penting, tapi apa gunanya jika tak sehat? Tubuh kamu pun butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa menurunkan berat badan.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading