Sukses

Beauty

Makanan yang Baik dan yang Buruk Untuk Kesehatan Gigi

Sikat gigi dua kali sehari, flossing, serta menggunakan mouthwash untuk berkumur adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar gigi tetap sehat. Tapi selain hal-hal ini, rahasia kesehatan gigi Anda juga terletak pada makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Seperti dilansir dalam laman greatist.com, makanan tertentu dapat membantu mencegah gigi berlubang serta kerusakan pada gigi, menghalangi tumbuhnya plak, bahkan membuat nafas lebih segar.

Di sisi lain, ada pula makanan-makanan yang membuat kesehatan gigi Anda bermasalah dengan memicu timbulnya lubang pada gigi, merusak enamel gigi serta masalah kesehatan gigi lainnya. Apa saja makanan-makanan yang baik dan yang buruk bagi gigi ini? Yuk, simak selengkapnya.

    Makanan yang Baik Bagi Kesehatan Gigi

    • Susu dan telur. Susu dan kuning telur adalah sumber terbaik dari kalsium dan vitamin D. Tubuh Anda membutuhkan dosis tertentu vitamin D untuk menyerap kalsium, yang pada akhirnya akan bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi.

     

    • Keju dan yoghurt. Makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor dapat melindungi enamel gigi dan mengganti mineral dalam gigi. Keju rendah lemak dan plain yoghurt rendah lemak merupakan makanan sumber kalsium yang bisa Anda jadikan pilihan enak untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Apalagi yoghurt juga kaya akan kasein, protein susu yang berperan membantu terbentuknya enamel gigi.

     

    • Daging, ikan, dan tahu. Ketiga makanan ini kaya akan kandungan fosfor, mineral penting lain yang berperan menjaga enamel gigi.

     

    • Brokoli, Bok Choy, dan Sayuran Hijau Lainnya. Anda vegetarian dan menghindari konsumsi daging dan sejenisnya? Tenang. Anda tetap bisa mendapatkan mineral penting untuk menjaga kesehatan gigi dengan mengonsumsi brokoli, bok choy, dan makanan berdaun hijau lainnya.

     

    • Seledri, Wortel, dan Sayuran Renyah Lainnya. Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, gigi juga membutuhkan latihan agar tetap kuat dan tajam. Makanan-makanan yang renyah dan padat serta mengandung banyak air (yang butuh banyak kunyahan) sangat bagus untuk kesehatan gigi dan mulut sebab makanan-makanan ini dapat menstimulasi aliran air liur dan dapat membersihkan permukaan gigi Anda, membuatnya tampak lebih putih.

     

    • Apel. One apple a day keeps your doctor away. Pepatah ini sangat benar adanya. Sebab, sangat banyak manfaat yang diberikan apel untuk kesehatan Anda, termasuk kesehatan gigi.  Apel dan makanan tinggi serat lainnya bermanfaat untuk mengusir pergi plak yang menempel pada gigi Anda.

    Makanan yang Buruk Bagi Kesehatan Gigi

    • Jeruk, Lemon, dan Anggur. Bukan sesuatu yang mengejutkan jika buah-buahan sumber vitamin C ini kaya akan asam sitrat yang merupakan penyebab nomor 1 terjadinya erosi pada enamel gigi serta kerusakan pada gigi.

     

    • Acar. Apa yang terjadi ketika Anda mencampurkan sayur-sayuran dengan cuka? Jika Anda menebak acar merupakan mimpi buruk bagi kesehatan gigi, you're right. Acar memang sangat lezat untuk dijadikan condiment bagi makanan-makanan tertentu seperti nasi goreng, pangsit dan lain-lain. Sayangnya, perpaduan antara asam cuka dan gula merupakan resep sempurna yang menimbulkan erosi pada enamel gigi.

     

    • Kopi. Bukan hal yang mengejutkan bahwa minuman yang menjadi adiktif bagi sebagian besar orang ini merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah pada gigi. Selain meninggalkan bekas pada gigi dan membuat gigi menjadi kuning, asam tannic yang terkandung dalam kopi (dan beberapa jenis teh) juga menjadi penyebab rusaknya lapisan enamel gigi.

     

    • Permen. Sebagian besar ibu tidak mengijinkan buah hati mereka mengonsumsi permen dalam jumlah yang banyak dan frekuensi yang terlalu sering karena tidak ingin gigi buah hati mereka rusak. They are right. Mengonsumsi terlalu banyak gula yang terkandung permen dapat menyebabkan kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang.

Nah, itulah makanan-makanan yang baik dan buruk bagi kesehatan gigi. Semoga Anda menjadi semakin bijak dalam menentukan pilihan makanan yang Anda konsumsi ya. Stay healthy and beautiful!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading