Sukses

Beauty

Jangan Panik, Radang Panggul Bisa Diobati Kok!

PID (Pelvic Inflammatorry Disease) atau dikenal dengan sebutan penyakit radang panggul ini merupakan penyakit sistem reproduksi yang dapat mengakibatkan kemandulan pada wanita. Oleh sebab itu, PID harus segera ditangani dan diobati, karena jika diobati sejak tahap awal, PID dapat diobati dengan mudah.

Seperti dikutip dalam laman www.nhs.uk, antibiotik yang diresepkan oleh dokter merupakan pengobatan standar untuk penyakit PID ini. Antibiotik yang diresepkan oleh dokter dapat disesuaikan dengan hasil tes laboratoriun yang Anda terima. Pengobatan dengan antibiotik harus dimulai dengan cepat, karena penanganan yang terlambat bisa jadi menyebabkan komplikasi jangka panjang.

Beberapa jenis antibiotik yang sering diresepkan untuk mengobati PID adalah ofloxacin , metronidazol , ceftriaxone dan doksisiklin. Pengobatan dengan mengonsumsi antibiotik ini biasanya berlangsung selama 14 hari yang kadang dimulai dengan injeksi antibiotik tunggal.

Menjalani seluruh rangkaian pengobatan antibiotik sangat penting, bahkan meski Anda telah merasa lebih baik. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa infeksi telah benar-benar dibersihkan. Selain antibiotik, dokter Anda mungkin juga meresepkan obat penghilang nyeri serta merekomendasikan istirahat di tempat tidur untuk beberapa waktu.

Reaksi apakah pengobatan antibiotik ini bekerja atau tidak dapat dilihat setelah 3 hari. Jika gejala tidak juga membaik dalam waktu 3 hari, dokter mungkin akan menyarankan perawatan di rumah sakit untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Jika Anda memiliki alat kontrasepsi dalam rahim, seperti IUD misalnya, dokter Anda juga mungkin menyarankan untuk mengambilnya karena dapat menjadi penyebab infeksi.

Nah, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita seputar kesehatan sistem reproduksi kita, ya!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading