Sukses

Beauty

Payudara Nyeri Menjelang Menstruasi? Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasi

PMS atau premenstrual syndrome, adalah salah satu masa yang paling berat bagi wanita dalam satu bulan. Meskipun berat, kita harus tetap melaluinya karena PMS tidak mungkin dihindari. Jerawat, nafsu makan bertambah, nyeri perut, sakit kepala, sakit punggung, dan pembengkakan adalah beberapa penanda khas yang terjadi, sekaligus memberitahu kita bahwa menstruasi sudah di depan mata. Beberapa wanita juga mengalami nyeri pada kedua payudara, yang rasa sakitnya ugh banget deh pokoknya.

Pernah khawatir dengan rasa nyeri ini, dan bertanya-tanya, kira-kira apa penyebabnya? Jika pernah, kini Popsugar.com akan membantu menjawabnya, Ladies.

Jadi begini, kira-kira satu minggu sebelum masa menstruasi, tubuh akan memproduksi hormon estrogen dan progesterone dalam jumlah besar. Hormon ini lah yang menyebabkan terjadi beberapa hal yang tidak biasa di atas. Pada masa ini pula, tubuh akan menyimpan banyak air, yang sekaligus menjadi penyebab pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Cincin, celana, dan sepatu mungkin akan terasa sedikit lebih ketat, karena tubuh menyimpan banyak air. Hal ini pula yang menyebabkan rasa nyeri pada payudara, Ladies. Cairan itu akan memaksa jaringan payudara untuk melebar, dan memperluas saraf, yang menyebabkan rasa sakit serat nyeri pada payudara. 

Memang, rasa ini akan berkurang dan perlahan menghilang saat kamu mulai memasuki masa menstruasi. Namun jika sakitnya tidak tertahankan lagi, kamu bisa menguranginya dengan meminum obat penghilang rasa sakit, dengan jumlah yang disarankan dokter. Kamu juga bisa memakai bra yang lebih kuat, misalnya sport bra, yang bisa menahan payudara dari goncangan, sehingga rasa sakitnya tidak parah. 

Mengurangi  konsumsi garam juga sangat berpengaruh untuk mengurangi rasa nyeri, Ladies. Sifat garam yang mengikat air akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak air, akibatnya rasa nyeri payudara yang kamu rasakan makin parah. 

Meski kamu mengalaminya setiap bulan, saya tahu pasti bahwa kamu tidak mungkin bisa terbiasa dengan rasa sakit ini. Namun, usahakan hindari pemakaian obat-obatan ya, Ladies. Semangat!

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading