Sukses

Beauty

Ubi Jalar, Si Karbohidrat yang Bisa Bantu Melangsingkan Tubuh

Ingin diet atau punya tubuh langsing bukan berarti harus menghindari semua makanan yang berkarbohidrat. Tubuh kita pun selalu membutuhkan asupan karbohidrat. Tentu saja dalam kadar yang cukup.

Sumber karbohidrat sendiri bermacam-macam. Tapi kalau kamu dalam misi ingin menurunkan berat badan, coba pilih ubi jalar. Dilansir dari mindbodygreen.com, ubi jalar ini punya segudang manfaat dan kalau dikonsumsi dengan benar bisa bantu melangsingkan tubuh juga. Penasaran? Yuk, ikuti info lengkapnya di sini.

Ubi Kaya Serat, Vitamin, dan Mineral
Ubi berukuran 5 inci mengandung 3,9 gram serat. Mengonsumsi cukup serat akan membuat kita cepat kenyang dan tak gampang lapar. Sehingga setelah mengonsumsi ubi, kita bisa lebih mengendalikan nafsu makan karena kenyang lebih lama.

Ubi juga kaya vitamin A, vitamin C, beta karoten, mangan, kalium, dan biotin. Untuk memudahkan proses penyerapan nutrisi, ubi bisa dikonsumsi dengan makanan yang mengandung lemak. Tapi tentu saja konsumsinya tak berlebihan, ya Ladies.

Menjaga Kadar Gula Darah
Ubi jalar juga dianggap sebagai makanan rendah GI (Glycemic Index). Artinya saat kita mengonsumsi makanan ini, kadar gula darah kita tak langsung melonjak tinggi. Dengan kadar gula darah yang bisa terjaga dengan baik, kita bisa terhindar dari risiko kegemukan juga penyakit metabolisme tubuh.

Mencegah Sejumlah Penyakit
Tahu nggak di Jepang, masyarakatnya bisa mengonsumsi ubi jalar putih yang mentah untuk menyembuhkan penyakit seperti anemia, hipertensi, dan diabetes. Ubi jalar bisa meningkatkan hormon adiponectin yang diproduksi oleh sel-sel lemak di dalam tubuh. Saat kadar hormon ini meningkat, resistensi insulin meningkat dan baik untuk para penderita diabetes tipe 2. Kandungan lainnya yang disebut caiapo yang ditemukan di ubi jalar putih juga dipercaya bisa mengatasi penyakit diabetes tipe 2.

Phytonutrients dalam ubi  manis (seperti senyawa antosianin) juga dapat mengurangi inflamasi. Makanan yang mengandung anti-inflamasi ini penting. Karena kalau inflamasi jangka panjang dibiarkan begitu saja, penyakit yang timbul akan makin parah seperti penyakit atherosclerosis, diabetes, dan Alzheimer’s.

Banyak sekali kan manfaat ubi jalar? Kalau kamu ingin menurunkan berat badan, bisa lho coba mengganti nasi dengan ubi jalar sebagai sumber karbohidrat. Konsumsi secukupnya dan imbangi juga dengan olahraga rutin juga gaya hidup sehat. Yakin deh kamu bakal bisa mendapatkan berat badan ideal dan tubuh jadi lebih sehat.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading