Sukses

Beauty

Manfaat Olahraga Pagi VS Malam, Mana Yang Lebih Baik?

Banyak wanita yang bekerja pagi hari tak punya kesempatan olahraga pagi sehingga lebih memilih olahraga setelah pulang kerja seperti sore hingga malam hari. Olahraga setelah pulang kerja dianggap lebih fleksibel karena lebih bebas dan tidak terburu-buru.

Tapi banyak artikel bilang bahwa olahraga pagi hari sebenarnya lebih baik dibanding malam hari karena kamu mendapat udara segar dan oksigen yang lebih baik saat pagi. Tapi benarkah  olahraga yang terbaik adalah pagi hari dan yang kurang baik adalah malam hari? Ini kelebihan dan kekurangannya.

Olahraga Pagi
Mereka yang olahraga pagi cenderung tidur lebih nyenyak saat malam hari. Penelitian yang dilakukan di Appalachian State University menemukan bahwa olahraga pagi adalah waktu terbaik jika kamu ingin tidur nyenyak malam hari.

Dr. Collier dari Appalachian State University juga mengatakan bahwa semakin baik kualitas tidurmu, semakin baik kesehatanmu karena tidur yang berkualitas membantu menjaga kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah,  menurunkan tekanan darah, kadar stres, dan menjaga berat badan.

Olahraga Malam
Jika kamu lebih suka olahraga di atas jam 6 malam karena tak sempat olahraga pagi, kamu juga tetap mendapat manfaat yang baik untuk kesehatan. Chronobiology International  menerbitkan sebuah penemuan dari sebuah penelitian yang menganalisis jam internal biologis tubuh terhadap aktivitas olahraga.
 
Hasilnya, temperatur tubuh akan meningkat setelah olahraga, begitu juga aktivitas enzim dan fungsi otot. Dengan kata lain kamu meningkatkan metabolisme lebih baik dan membangun otot lebih baik saat olahraga sore. Bukan hanya itu, olahraga setelah pulang kerja juga membuatmu lebih berenergi dan jadi cara melepas lelah dan stres yang baik sebelum pergi tidur.

Olahraga sore hari juga memperkecil kemungkinan kram atau cedera karena tubuh sudah beraktivitas selama seharian, berbeda dengan olahraga pagi hari di mana sebelumnya tubuh tidak digunakan untuk bergerak selama tidur.

Kesimpulannya, olahraga yang mana saja tetap baik untuk kesehatan karena kamu memberi waktu tubuhmu membakar kalori yang menumpuk dan membuat tubuhmu aktif secara fisik untuk mencegah penyakit. Keep workout and healthy ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading