Sukses

Beauty

Tak Hanya Wortel, 4 Makanan Ini Juga Sehat Untuk Mata

Mata adalah salah satu indera manusia yang memiliki peranan penting. Tanpa mata, kita tidak akan bisa melihat apapun.

Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang diketahui mampu membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya.

Disebutkan dalam laman www.health.com, berikut 4 makanan sehat untuk mata (selain wortel). Yuk, simak!

  • Sayuran Hijau. Sayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Di dalamnya mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur.
  • Buah. Retina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari. Konsumsilah buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya. Buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.
  • Daging, Kacang, dan Biji-bijian. Zinc adalah satu-satunya mineral yang diklaim memiliki fungsi kesehatan untuk mata di Eropa. Setelah dilakukan uji coba ilmiah, para ilmuwan mengatakan bahwa mineral tersebut bagus untuk kesehatan mata. Zinc banyak ditemukan di ayam kalkun, kepiting, tiram, dan ikan sarden. Selain itu, kacang mete dan gandum juga mengandung zinc.
  • Ikan. Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega tiga berfungsi untuk menormalkan sel-sel retina yang lemah. Upayakan untuk menyantap sedikitnya satu porsi setiap minggunya, demi melengkapi kebutuhan asam lemak omega tiga agar mata tetap sehat.


Nah, itulah beberapa makanan sehat yang baik untuk kesehatan mata. Sertakan makanan-makanan ini dalam menu harianmu demi mata yang sehat ya, Ladies.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading