Sukses

Beauty

Langsing dan Tetap Bisa Makan Enak Dengan Diet Nordic

Ada beragam cara diet, salah satu yang baru adalah diet Nordic. Sesuai dengan namanya, diet ini mengadopsi pola makan penduduk di negara-negara Nordic yang terdiri dari konsumsi makanan rendah lemak dan baik bagi kesehatan serta untuk mengontrol berat badan. Yang termasuk ke dalam negara-negara Nordic antara lain Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia dan Islandia. Diet ini rendah kadar gula, rendah lemak, kaya akan serat dan didominasi dengan konsumsi ikan-ikanan dan makanan laut.

Berikut ini makanan-makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari saat diet Nordic:

  1. Makanan yang harus konsisten dan sering dikonsumsi meliputi buah-buahan, beri-berian, sayuran, kentang, gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, roti bahan rye, ikan, makanan laut, susu rendah lemak, tanaman herbal, rempah-rempah dan minyak canola.
  2. Makanan yang masih boleh dikonsumsi meliputi daging, keju, telur yang tidak dari peternakan dan yogurt.
  3. Makanan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya antara lain jenis daging merah lainnya dan lemak hewani.
  4. Hindari sama sekali mengonsumsi minuman yang diberikan pemanis buatan, gula tambahan, daging olahan, pengawet makanan dan makanan cepat saji.

Diet Nordic sendiri sangat serupa dengan diet Mediterranian, dan hanya dibedakan oleh adanya penggunaan jenis minyak untuk memasak makanan, yaitu menggunakan minyak canola dan bukan minyak zaitun extra virgin.

Berikut ini berbagai manfaat kesehatan dari melaksanakan pola makan Nordic.

    Membantu menurunkan berat badan secara cepat

    Untuk membantu Anda menurunkan berat badan secara cepat sambil tetap mendapatkan asupan gizi yang diperlukan, diet Nordic sangat berguna.

    Menurunkan dan menjaga tekanan darah

    Menjalani diet Nordic selama setidaknya enam bulan terbukti sanggup menurunkan nilai sistol dan diastol tekanan darah hingga 5.1 dan 3.2 mmHg, lebih rendah dibandingkan dengan diet yang terkontrol.

    Meredakan dan menghindarkan kolesterol dan trigliserida

    Diet Nordic mencakup banyaknya makanan yang baik bagi jantung, sehingga dapat diyakini juga bahwa pola makan diet Nordic akan membantu menurunkan kadar trigliserida dan sedikit membantu mengontrol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

    Mengontrol gula darah

    Adanya jenis makanan yang dibatasi variasinya dalam diet Nordic membantu mengontrol gula darah secara signifikan sehingga tentunya mengurangi risiko penyakit diabetes.

    Menurunkan risiko peradangan

    Berbagai penelitian yang sudah dilakukan terhadap jenis diet ini menunjukkan adanya pengurangan kadar peradangan dalam tubuh yang mengikuti diet ini, meski tidak signifikan.

Menjalani diet Nordic dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dalam waktu singkat dan menormalkan tekanan darah dan menurunkan risiko terjadinya peradangan dalam tubuh yang merupakan sumber berbagai macam penyakit. Namun, hal itupun masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kebaikan diet ini terletak dari pemilihan bahan-bahan alami untuk dikonsumsi dan kewajiban untuk menghindari makanan olahan, instan dan cepat saji. Karena itu, diet ini masih layak untuk dicoba.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

Sumber: http://meetdoctor.com/

(vem/meetdoctor/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading