Sukses

Beauty

Studi: Mengeluh ‘Sudah Tua’ Bikin Kamu Tambah Cepat Menua

Sikap dan cara berpikir kita bisa mempengaruhi penampilan kita. Apa yang terpancar dari luar secara tidak langsung dipengaruhi oleh apa yang kita pikirkan dari dalam. Termasuk soal awet muda dan tidaknya dirimu.

Kadang karena kurang rasa percaya diri, kita jadi merasa diri kita sudah tua dan nggak menarik lagi. Padahal kalau kita beranggapan tua di usia yang sebenarnya masih muda, efeknya ternyata bisa negatif. Ada penelitian yang menarik terkait hal itu. Penelitian ini menyebutkan kalau kita mengeluh dan menganggap diri “sudah tua” maka kita malah akan lebih cepat menua. Wah, kok bisa ya?

Jadi, seperti yang dilansir oleh lifehack.org, penelitian ini dilakukan oleh sejumlah peneliti di University of Exeter yang meneliti 29 orang. Usia para partisipan tersebut kisaran 66 hingga 98 tahun. Mereka ditanya soal pengalaman mereka akan sikap dan hal-hal yang mereka yakini soal menua. Para partisipan tersebut memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang berbeda-beda. Ada yang tinggal di panti jompo ada yang tinggal sendirian. Sebagian besar dari mereka memiliki kondisi tubuh yang sehat.

Ada dua partisipan yang menganggap diri mereka sendiri sudah tua dan rapuh. Padahal kondisi mereka lebih baik dari partisipan lainnya. Akhirnya persepsi negatif keduanya soal usia membuat kondisi kesehatan mereka menurun karena menghindari kegiatan sosial dan olahraga.

Dalam penelitian lain, 660 orang berpartisipasi dalam sebuah survei berbasis komunitas yang disebut Ohio Longitudinal Study of Aging and Retirement. Dari hasil survei tersebut, diketahui bahwa persepsi positif soal usia pada periode setengah baya meningkatkan peluang hidup 7,5 tahun lebih lama. Saat bisa berpikir positif, peluang hidup panjang umur jadi lebih besar, ya.

Penelitian lain juga ada yang menguatkan soal kekuatan persepsi positif yang berhubungan dengan usia. Saat stereotip positif soal usia menguat, maka kesehatan fisik bisa meningkat yang setara dengan mereka yang melakukan olahraga selama enam bulan. Dampaknya ternyata memang sangat positif. Ketika kita bisa memikirkan hal yang positif, maka sesuatu yang positif juga akan kita dapatkan.

Intinya, kalau kamu gampang mengeluh “sudah tua” maka kamu akan lebih cepat menua. Jadi daripada mengeluh dan berpikiran negatif soal usia, mending fokuskan diri untuk menjaga pola hidup yang lebih sehat. Olahraga lebih rutin, jaga pola makan dengan baik, dan selalu berpikiran positif. Dengan begitu, kamu bisa lebih awet muda dan berumur panjang, setuju Ladies?

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading