Sukses

Beauty

Usia 20an Muka Masih Gampang Jerawatan? Yuk Kenali Penyebabnya

Dulu waktu masih ABG atau puber, ya masih terbilang normal muka jerawatan. Faktor hormonal menjadi penyebab yang paling utama. Tapi bagaimana ketika sudah usia 20an, tapi muka masih gampang jerawatan?

Pastinya nggak nyaman sekali ya kalau muka masih banyak jerawat di usia yang seharusnya kita sudah memiliki kulit wajah yang lebih sehat. Penyebab muka masih gampang jerawatan di usia 20an itu bisa karena sejumlah faktor. Yuk, kenali penyebabnya.

Salah Memilih Produk Kecantikan
Makeup dan produk kecantikan yang kamu pakai tidak cocok untuk kulitmu. Sehingga jerawat masih kerap muncul. Dilansir dari bustle.com, untuk pembersih wajah (cleanser) baiknya gunakan yang mengandung 2% asam salisilat dan gunakan pada pagi dan malam hari. Pastikan juga sesuai dengan tipe atau jenis kulit wajahmu, ya. Jangan sampai menggunakan produk yang malah membuat kulit jadi gampang berminyak dan memicu jerawat.

Hobi Gonta-Ganti Produk Skin Care
Kadang karena penasaran kita jadi suka coba-coba menggunakan berbagai jenis produk perawatan kulit. Apalagi kalau ada yang lagi promo atau diskon, kita bisa langsung mencobanya tanpa berpikir dua kali. Padahal gonta-ganti produk ini bisa sangat berdampak negatif untuk kulit dan membuatnya jadi gampang berjerawat. Apalagi kalau wajah nggak rutin dibersihkan, jerawat bisa muncul kapan saja.

Jangan suka gonta-ganti produk kecantikan, ya./Copyright shutterstock.com

Pola Makan yang Buruk
Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis atau asin, ya. Pola makan yang buruk juga bisa jadi penyebab wajahmu gampang berjerawat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, minyak, dan bahan pengawet juga bisa jadi pemicu munculnya jerawat di wajah.

Hormon yang Tidak Seimbang
Hormon yang tidak seimbang seperti ketika akan haid juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Kalau selama ini kamu nggak menerapkan pola makan sehat dan cenderung jarang olahraga, jerawat yang muncul menjelang haid bisa sangat parah.

Stres yang Meningkat
Di usia 20an kesibukanmu mungkin lebih padat daripada saat masih remaja. Belum lagi kalau kamu punya tanggung jawab pekerjaan atau mungkin rumah tangga yang cukup berat. Stres bisa meningkat setiap saat. Saat stres, kelenjar adrenal akan memproduksi hormon stres kortisol. Salah satu efeknya adalah munculnya jerawat sebagai salah satu mekanisme tubuh mengatasi stres.

Efek Samping Penggunaan Obat-Obatan
Obat-obatan yang digunakan bisa memberi efek samping membuat wajah jadi gampang jerawatan. Kalau kamu mengonsumsi obat-obatan tertentu dan wajah jadi jerawatan, coba konsultasi ke dokter.

Faktor Genetik
Yups, faktor genetik juga bisa jadi penyebab muka gampang jerawatan di usia 20an. Kalau kamu memiliki wajah yang gampang jerawatan, coba cek anggota keluargamu yang lain apakah mereka juga memiliki masalah yang sama denganmu.

Ada banyak faktor penyebab munculnya jerawat di usia 20an. Pastikan kamu selalu rutin merawat kulit wajahmu, ya ladies. Perbaiki juga pola makan dan pola hidupmu agar kesehatan kulit wajah selalu terjaga.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading