Sukses

Beauty

Dalam Membantu Sesama, Ternyata Wanita Punya Hati Lebih Peka

Otak pria dan wanita punya reaksi berbeda mengenai berbagai hal, tidak terkecuali saat membantu dengan orang lain. Itulah yang diungkapkan penelitian terbaru.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior mengungkapkan bahwa bagian otak tertentu pada wanita menunjukkan respon lebih kuat dalam hal berbagi uang, dibanding pria. Dengan kata lain, wanita punya empati, kebaikan hati dan sikap sosial lebih besar dibanding pria.

Penulis penelitian Philippe Tobler mengatakan, wanita memberi lebih banyak nilai subjektif dan sikap prososial dibanding pria yang menunjukkan sikap lebih egois dan mementingkan diri sendiri dibanding orang lain. "Meski begitu, belum diketahui bagaimana perbedaan ini muncul, namun diduga ada hubungannya dengan mengkodekan nilai dalam sistem dopamin," ujarnya.

Wanita lebih peka dan berjiwa sosial tinggi/copyright Pexels.com

Yang dimaksudkan 'mengkodekan' di sini adalah perubahan aktivitas otak yang berkaitan dengan nilai moral yang dimiliki seseorang. Dopamin, yang memegang peran penting terhadap suasana hati yang baik, membantu membuat orang lega dan bebas stres. Uniknya, para wanita merasa lebih lega dan bahagia ketika ia bisa melakukan kebaikan sosial seperti membantu orang lain.

Berbeda dengan otak pria yang lebih 'keras', kurang peka dan membuat keputusan untuk dirinya sendiri lebih dulu dibanding yang lain. Tapi tentu saja, bukan berarti semua pria punya hati batu dan tak punya empati, karena setiap orang punya kecenderungan berbeda.

Banyak juga pria yang punya jiwa sosial tinggi dan memimpin kegiatan sosial, karena otak bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan tingkat kebaikan sosial yang dimiliki seseorang, faktor hati dan lingkungan juga punya andil besar.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading