Sukses

Beauty

Ini Dia Kunci Penting Cegah Penyakit Kanker Menurut Dokter

Ladies, hingga kini ternyata masih banyak masyarakat yang lebih memilih pengobatan herbal dibandingkan mendengar perkataan dokter, padahal obat herbal belum tentu terbukti sebagai pengobatan kanker. Akhirnya penanganan penyakit mematikan ini justru makin lambat.

“Banyak orang yang justru tidak mendengarkan kata dokter, alhasil penanganannya jadi terlambat. Dan lebih memilih mengonsumsi obat-obatan herbal yang masih tidak terbukti. Tetapi kalau untuk obat pendamping saja bisa namun masih tetap harus dibuktikan,” ungkap Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, saat ditemuin dalam acara memperingati Hari Kanker Sedunia, ‘We Can. I Can’, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Obat herbal tidak bisa mengobati penyakit kanker. Memang, menurut profesor Aru obat-obatan kanker diambil juga dari tanaman seperti pohon pinus, namun jika dimakan begitu saja tidak akan sembuh. Ini harus lewat proses terlebih dahulu. Untuk itu, Profesor Aru menekankan jangan pernah meninggalkan obat kankernya.

Profesor Aru menjelaskan untuk mencegah penyakit kanker tidak ada yang lebih tepat selain mengedukasi masyarakat dengan pengetahuan gaya hidup sehat dan deteksi dini sehingga pengobatan dan angka kesembuhan menjadi lebih tinggi.

“Gaya hidup sehat memang perlu diperhatikan seperti kurangi makan daging merah yang diproses, perbanyak makan serat seperti sayur dan buah sebab jika tidak makan, lemak akan turun yang lama yang menyebabkan kanker usus besar. Olahraga teratur dan jaga berat badan ini kuncinya,” tambahnya.

Bahkan menurut Union for International Cancer Control (UICC), riset menunjukkan bahwa, pasien kanker payudara dapat mengurangi risiko terjangkitnya kembali hingga 40% dengan melakukan kegiatan fisik yang direkomendasikan seperti olahraga ringan secara rutin merupakan cara yang menyenangkan dimana masyarakat di seluruh dunia dapat melakukannya untuk mengurangi risiko kanker, selain makan makanan yang sehat dan mendukung satu-sama lainnya untuk mencapai tujuan tersebut.

(vem/asp/ivy)
What's On Fimela
Loading