Sukses

Beauty

Dikira Sakit Biasa, 6 Gejala Kista Ovarium Ini Harus Diketahui Wanita!

Kista bisa menyerang wanita mana saja, dalam keadaan paling sehat sekalipun, bahkan seringkali kista ini tidak dirasakan hingga tumor jinak ini tumbuh membesar. Salah satu kista yang bisa berkembang jadi berbahaya dan paling umum terjadi adalah kista ovarium.

Banyak wanita tak menyadari seperti apa gejala-gejala kista ovarium. Dikutip dari Women's Health, Taraneh Shirazian, M.D., ginekolog di NYU Langone Health, mengatakan "Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi bersama dengan siklus menstruasi dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Tapi sekitar 20 persen wanita mengalami kista yang tidak sembuh sendiri, dan memerlukan operasi."

Itulah mengapa, lebih baik tidak mengabaikan gejalanya.

1. Rasa sakit di bagian bawah perut dan tidak kunjung berhenti
Rasa sakit ini adalah yang paling umum dialami banyak wanita. Nyeri bisa berada di sisi kanan atau kiri di panggul bawah, tepatnya di tempat rahim berada. Kamu bisa merasakannya bukan hanya saat menstruasi saja, tapi juga saat olahraga, beraktivitas berat atau saat bercinta. Rasa sakit semakin parah biasanya adalah tanda kista yang semakin membesar. Tapi akan menghilang setelah menstruasi.

2. Sakit perut dan perut kembung tak terkendali
Pembengkakan adalah gejala yang umum, di area bawah perut. Orang mungkin berpikir dia bertambah gemuk, padahal kista yang ada did alam lah yang sedang berkembang semakin besar dan berat. Kista ini akan menekan sekitarnya dan menimbulkan sakit eprut dan kembung karena gas sulit keluar.

Rasa sakit luar biasa di area ini/copyright Shutterstock.com

3. Sering merasa kenyang atau perut penuh
Bahkan jika kamu jarang makan, kamu merasa gampang kenyang dan perut terasa penuh. Perasaan berat di area perut ini perlu dicurigai, apalagi jika diikuti dengan rasa sakit. Membesarkan ukuran kista akan memberikan desakan pada area perut sehingga lebih sempit atau tak punya ruang. Jika tidak mengalami konstipasi, tapi masih terasa seperti ini, segera periksakan diri.

4. Kebelet pipis terus
Kista yang membesar juga menekan area kantung kemih sehingga membuatmu ingin buang air terus menerus padahal ketika dicoba pipis, tidak bisa keluar atau susah keluar. Banyak wanita mengalami hal ini ketika ada kista ovarium.

5. Sakit saat bercinta
Bukan karena ini pertama kalinya bercinta, tapi bercinta membuatmu merasa nyeri sepanjang waktu. Ini gejala umum ketika ada kista ovarium. Kista yang tumbuh besar akan menekan rahim dan serviks sehingga ketika ada hentakan ketika bercinta, akan menimbulkan rasa sakit luar biasa.

6. Nyeri punggung dan nyeri kaki
Area ovarium tidaklah besar sehingga ketika ada pembesaran kista, juga akan menekan area mana saja, termasuk area belakang atau punggung sehingga menimbulkan rasa sakit di bawah punggung dan bahkan nyeri kaki saat dibuat berjalan.

Segera periksakan diri jika gejala sudah banyak terjadi dan menunjukkan rasa sakit tak biasa yang bisa ditahan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading