Sukses

Beauty

Cara Mengobati Luka Ketika Terjatuh Agar Tidak Infeksi

Saat beraktivitas, terutama berolahraga tentu rentan sekali terjadi kecelakan seperti terjatuh. Alhasil, dapat membuat anggota tubuh kita terluka.

Biasanya, saat terjadi kecelakaan yang menyebabkan luka kita justru panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Lalu bagaimana pertolongan pertama ketika kita terluka?

dr. Dedy Kartawidjaja selaku Head of Medical Affairs Mundipharma Indonesia menyampaikan sebaiknya setiap luka ditangai tepat waktu. Dan solusi yang paling instan ialah luka segera diberikan antiseptik.

“Harus tepat waktu agar luka tidak menjadi infeksi. Dengan cara berikan larutan antiseptik pada luka,” ujarnya saat ditemui dalam konferensi pers Betadine Soccer Camp, di Jakarta, Kamis (28/6).

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran kuman pada daerah luka. Sebab, luka di tubuh kita menjadi pintu masuk kuman. Namun, jika terdapat air sebaiknya membersihkan lukanya terlebih dahulu agar luka bersih dari kotoran yang menempel.

“Kalau memungkin ada air, luka dibersihkan dahulu apabila ada kotoran di area luka. Membersihkannya dengan air menjadi cukup penting, tapi itu hanya sebatas untuk pembersihan saja, tidak sampai pada penanganan luka," ungkap dr Dedy.

Untuk itu, dr Dedy menyampaikan pentingnya 'sedia payung sebelum hujan' seperti persiapan peralatan medis dasar harus selalu tersedia.

“Dengan memberikan antiseptik di luka, kita sudah melakukan tindakan pencegahan memperparah keadaan luka. Jadi, antiseptik seperti Betadine ini cukup penting dalam pengobatan sekaligus mencegah terjadinya dampak yang lebih buruk," tutup dr. Dedy.

(vem/asp)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tempat Hangout dan Belanja Terbaru di Jakarta dengan Konsep Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta