Sukses

Beauty

Ladies, Ini Panduan Mudah Mengatasi Masalah Komedo Membandel

Komedo merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu. Tak hanya mengganggu, komedo juga sering kali bikin jengkel karena bisa menimbulkan masalah kulit yang lebih buruk seperti halnya masalah jerawat.

Mengenai komedo, ini bisa disebabkan oleh berbagai banyak hal. Mulai dari kondisi wajah yang tidak bersih, konsumsi makanan yang memang meningkatkan risiko komedo hingga stres atau Depresi. Komedo sendiri pada dasarnya adalah jerawat, sel-sel yang melapisi folikel atau pori-pori yang lebih lengket, seperti dilansir dari stylecaster.com.

Ini akan menyebabkan pembukaan folikel menjadi tersumbat. Ketika folikel tersumbat, sel-sel kulit mati, sebum atau minyak, dan bakteri akan terperangkap, mengarah pada munculnya komedo.

Cara Mengatasi Masalah Komedo
Apa perbedaan antara komedo dengan jerawat kistik? Komedo terbentuk di bawah permukaan pori-pori yang tertutup. Komedo yang tersumbat pori-pori biasanya memiliki isi yang teroksidasi. Oksidasi ini menyebabkan sebum, menjadi gelap, yang kemudian menjelaskan munculnya komedo.

Ketika pori-pori tersumbat, produksi minyak akan meningkat, bakteri berproliferasi, dan kemudian terjadi peradangan. Sedangkan jerawat kistik seringkali dikaitkan dengan peradangan ini, yang membuatnya memerah dan terasa menyakitkan.

Para ahli setuju bahwa kamu tidak boleh sekalipun memencet komedo, karena cara ini hanya akan membuat bakteri terdorong lebih dalam ke pori-pori dan menyebabkan peradangan, yang seringkali berpotensi membuat jaringan parut. Jika kamu memang ingin mengatasi komedo, produk benzoil peroksida dan asam salisilat dapat menjadi acuannya.

Selain itu, resep retinoid, seperti tretinoin dan adapalene adalah cara yang sangat baik untuk mengatasi dan mencegah munculnya komedo. Sedangkan untuk komedo yang bermunculan di tubuh, kamu bisa melakukan perawatan yang sama seperti wajah.

Well ladies, itulah cara mudah mengatasi dan mencegah masalah komedo. Selain cara di atas, cara lain untuk menghindarkan kulit dari masalah komedo adalah dengan memastikan rutin membersihkan kulit, perbanyak konsumsi sayur dan buah, miliki asupan cairan cukup dan istirahat cukup.
Sumber: Liputan6.com

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading