Sukses

Beauty

Alergi Kecoa Menyebabkan Asma

Apa yang anda pikirkan jika ditanya mengenai hal-hal yang dapat memicu alergi? Kebanyakan dari anda akan berpikir mengenai serbuk tanaman, debu, binatang, dan serangga yang memiliki sengat. Namun, percaya atau tidak, serangga seperti kecoa bisa menjadi pemicu alergi dan asma.

Seperti yang dilansir aafa.org, pasien yang alergi terhadap kecoa memiliki serangan asma akut. Serangan asma timbul setelah pasien menghirup penyebab alergi yang dikeluarkan dari tubuh kecoa, dan serangan ini berlangsung selama beberapa jam.

 

Mengagetkan bukan? Hewan yang seringkali kita temui dalam rumah dapat menjadi pemicu asma akut. Saat ini penyakit asma telah semakin sering ditemukan, terutama pada anak-anak. Banyak anak-anak yang didiagnosa menderita asma kronis, dan sekarang kita tahu bahwa ini disebabkan oleh seringnya anak-anak yang tinggal di kota besar melakukan kontak dengan kecoa.

Kecoa memiliki zat yang bisa memicu alergi atau disebut juga alergen. Dari 23 sampai 60% penduduk kota sensitif terhadap zat pada kecoa yang dapat memicu alergi. Selain menyebabkan alergi dan asma pada orang yang tidak memiliki asma, orang yang menderita asma yang beratpun dapat mengalami alergi pada kecoa. Alergi ini juga dapat dialami oleh orang yang menderita hidung tersumbat, kulit ruam, infeksi pada sinus, dan asma.

Alergi kecoa kebanyakan diderita oleh orang yang tinggal di kota besar atau orang yang memiliki status sosial ekonomi yang rendah. Penelitian menunjukan bahwa 37% anak-anak yang tinggal di kota besar menderita alergi pada kecoa.

oleh: Desti Ayu Ruhiyati

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading