Sukses

Beauty

Berdandan Sebabkan Kanker Payudara?

Halo Ladies, siapa di antara anda yang tidak suka berdandan? Apakah anda sering menggunakan kosmetik untuk membantu mengeluarkan kecantikan yang anda miliki? Berhati-hatilah karena ternyata penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dapat membuat anda terancam terserang kanker payudara.

Pada situs breastcancer.org, disebutkan bahwa kosmetik dapat membuat kita merasa lebih percaya diri, tampil lebih anggun dan cantik, serta tercium harum. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia yang ada di dalam kosmetik ketika digunakan pada tubuh dan kulit andapada tingkat tertentu, akan membuat anda rentan terhadap serangan kanker payudara.

Bahan-bahan kimia di dalam kosmetik ikut andil dalam membantu perkembangan tumbuhnya sel-sel payudara yang bermutasi untuk menjadi kanker. Namun, karena produk kosmetik yang sangat bervariasi dari satu jenis ke jenis yang lain, juga memiliki kombinasi komposisi yang sangat berbeda, sangat sulit untuk ditentukan hubungan sebab akibat dari penggunaan kosmetik ini dengan kanker payudara secara spesifik.

Meskipun begitu, banyak bahan kimia dalam kosmetik yang masuk dalam golongan “pengganggu hormon”. Bahan kimia yang tergolong mengganggu siklus dan produksi hormon dalam tubuh ini merusak keseimbangan hormon dalam tubuh. Peran bahan kimia dalam mengganggu hormon dalam tubuh ini adalah dengan memblok atau meniru hormon estrogen dan hormon lain dalam tubuh.

Karena hormon estrogen dalam tubuh terganggu, sel-sel payudara dapat bermutasi dan kanker payudara akan mulai tumbuh dan berkembang. Karena itu, ladies, sebisa mungkin kurangi penggunaan kosmetik anda yang mengganggu hormon estrogen dalam tubuh anda jika ingin menjauhkan kanker payudara.

Oleh: Yudha Yanuar A.

(vem/tyn)
What's On Fimela
Loading