Sukses

Beauty

Tanda dan Gejala Asma Akibat Kerja

Bekerja atau mempunyai pekerjaan merupakan hal yang paling diidamkan oleh setiap pencari kerja. Bukan hanya karena untuk mencari uang, orang bekerja juga untuk mendapatkan pengalaman. Ruangan, gedung, atau lingkungan kerja pun menjadi tempat di mana pekerja menghabiskan lebih dari separo hari setiap hari kerja.

Keadaan lingkungan kerja seseorang berbeda-beda. Ada orang yang bekerja di bawah terik matahari dan di tengah-tengah polusi, ada yang bekerja di pabrik yang penuh dengan zat-zat kimia tertentu, ada pula yang berada dalam ruangan dingin yang mungkin saja kurang nyaman.

Keadaan lingkungan kerja anda bisa saja menjadi penyebab munculnya penyakit asma yang kemudian disebut sebagai asma akibat kerja. Penyakit asma ini muncul karena adanya alergi yang anda derita terhadap sesuatu hal yang kemudian menyebabkan asma, iritasi terhadap bau atau hal-hal lain, dan bisa juga karena adanya zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh dan mengganggu kerja paru-paru.

Mengetahui tanda-tanda dan gejala asma akibat kerja merupakan hal bijak untuk memberikan penolongan dini terhadap asma akibat kerja yang mungkin menyerang. Adapun berikut adalah tanda-tanda atau gejala asma akibat kerja yang berhasil dirangkum dari www.webmd.com.

Gejala yang muncul pada asma akibat kerja diantaranya adalah adanya batuk, bunyi nafas ‘ngik-ngik’, sesak nafas, nafas yang tersengal-sengal, dan kesulitan bernafas. Iritasi pada mata, hidung buntu, dan mengalirnya ingus dari hidung secara terus-menerus adalah beberapa tanda lain yang mungkin muncul. Hal ini bisa muncul akibat reaksi dari alergi atau iritasi yang terjadi karena faktor lingkungan kerja.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading