Sukses

Beauty

Bahan Kimia Pada Kosmetik Dapat Tingkatkan Perkembangan Sel Kanker Payudara

Kosmetik merupakan salah satu senjata wanita dalam menjaga penampilan dan keindahan parasnya. Karena wanita termasuk makhluk yang berusaha selalu tampil molek di keadaan apapun, banyak dari mereka yang tidak lepas dari ekspos kosmetik.

Beberapa kosmetik tentunya memiliki kandungan bahan kimia. Namun, apakah bahan kimia ini berbahaya? Ternyata breastcancer.org mengabarkan bahwa kandungan bahan kimia yang ada di kosmetik dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan kanker payudara.

Setidaknya begitu yang diisyaratkan oleh penelitian. Ketika Anda ingin mempercantik wajah atau menjaga keindahan tubuh, Anda cenderung menggunakan berbagai jenis bahan kosmetik.

Contohnya, untuk membuat wajah terlihat cerah saja Anda telah menggunakan berbagai jenis produk kosmetik mulai dari pembersih wajah, pelembab, alas bedak, bedak, blush-on, dan lain sebagainya. Tentunya peralatan make-up yang variatif ini memiliki bahan kimia yang beraneka ragam.

Tidak sedikit di antara bahan kimia tersebut yang memiliki efek merusak atau mengganggu fungsi serta keseimbangan hormon di dalam tubuh. Salah satu efek yang mungkin muncul adalah meningkatnya produksi hormon estrogen dalam tubuh yang dapat menyebabkan berkembangnya jenis kanker payudara hormon-reseptor-positif.

Sayangnya, karena terlalu banyaknya bahan kimia yang terkandung di peralatan kosmetik, masih sulit untuk menentukan bahan kimia apa saja yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Untuk lebih amannya, Anda dapat mengurangi eksposur dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading