Sukses

Beauty

5 Tes Setelah Diagnosa Kanker Payudara

Ladies, apa saja yang kira-kira akan Anda lakukan setelah Anda didiagnosa menderita kanker payudara? Mengetahui apa yang akan Anda lakukan setelah Anda didiagnosa kanker payudara bisa jadi membantu Anda terutama dalam menyiapkan mental. Seperti yang dikutip dari cancer.gov, setidaknya ada 5 hal yang akan Anda jalani.

Pertama, Anda akan menjalani biopsi sentinel lymph node. Cairan berwarna biru akan diinjeksikan di dekat tumor Anda disekitar lymph node, atau di daerah ketiak, dan lymph node pertama akan diambil untuk diperiksa. Apabila tidak ditemukan kanker disekitar tumor, maka kelenjar tersebut tidak akan dibuang.

Kemudian, Anda akan menjalani tes rontgen pada bagian dada Anda, untuk melihat gambar pada dada. Kemudian, Anda juga akan menjalani CT scan yang berguna untuk mendapatkan gambar detail dari segala sisi tubuh. Dengan begitu, tumor akan lebih terlihat.

Setelah itu, Anda juga akan menjalani Bone scan atau scan tulang. Pemeriksanaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah sel berkembang dengan cepat terutama di daerah tulang.

Terakhir, akan akan menjalani PET scan. Positron Emission Tomography Scan ini adalah sebuah prosedur untuk menemuka tumor malignant. Dengan menginjeksikan radioaktif glukosa, maka organ tubuh mana yang menggunakan glukosa akan terlihat.

Ladies, Anda akan menjalani kelima tes tersebut. Walaupun terlihat rumit dan melelahkan, niscaya akan membawa efek positif untuk kesehatan tubuh Anda.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading