Sukses

Beauty

Kombinasi Mammografi 2D dan 3D Ternyata Lebih Akurat

Adakah salah satu dari ladies sekalian yang sudah melakukan pemeriksaan mammografi? Jika ladies sekalian sudah melakukan pemeriksaan mammografi, setiap wanita pasti menerima hasil yang berbeda satu sama lain. Ada yang mendapatkan hasil negatif kanker payudara da nada pula yang mendapatkan hasil positif kanker payudara.

Tahukah ladies bahwa beberapa hasil mammografi 2D ternya menunjukkan hasil yang salah? Sehingga ada wanita yang sebenarnya negatif kanker payudara tetapi hasil mammografi mengatakan bahwa dia positif kanker payudara dan begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, beberapa ahli menganjurkan ladies untuk melakukan mammografi yang merupakan kombinasi dari teknologi 2D dan 3D.

Penelitian yang dimuat pada The Lancet yang dikutip dari medicalnewstoday.com menunjukkan bahwa mammografi 3D memberikan hasil yang lebih akurat daripada mammografi 2D. Hasil pemeriksaan mammografi 3D pun akan memberikan hasil yang lebih akurat jika dikombinasikan dengan pemeriksaan mammografi 2D.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 2/3 kanker dapat ditemukan menggunakan kombinasi pemeriksaan mammografi 2D dan 3D. Dengan kata lain, pemeriksaan mammografi 2D hanya mampu mendeteksi 5.3 kanker per 1000 pemeriksaan. Sedangkan pemeriksaan kombinasi mammografi 2D dan 3D mampu mendeteksi 8.1 kanker per 1000 pemeriksaan.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kombinasi dari pemeriksaan mammografi 2D dan 3D lebih akurat daripada hanya pemeriksaan mammografi 2D. Bagi ladies yang berencana melakukan pemeriksaan mammografi bisa mencoba mammografi jenis ini.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading